Rabu 03 Feb 2021 10:17 WIB

IHSG Menguat Mengekor Bursa Global

IHSG dibuka menguat ke posisi 6.099,02.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar saham domestik bergerak di zona hijau pada perdagangan pagi ini, Rabu (3/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat sebesar 0,91 persen ke level 6.099,02. 

Penguatan IHSG ini sejalan dengan pergerakan bursa global yang rata-rata berakhir di zona hijau pada perdagangan kemarin. DJI ditutup menguat 1,57 persen, Nasdaq ditutup naik 1,56 persen dan S&P 500 ditutup naik 1,36 persen. 

Baca Juga

Meski dibuka menguat, analis Artha Sekuritas, Dennies Christopher, mengatakan IHSG masih mendapat tekanan dari sentimen peningkatan kasus Covid-19 di dalam maupun luar negeri. 

"Masih ada kekhawatiran akibat tingginya kasus Covid-19 dan adanya wacana lockdown dari pemda DKI Jakarta yang dicemaskan dapat menghambat aktivitas ekonomi," kata Dennies, Rabu (3/2). 

Dennies pun memperkirakan IHSG hari ini berpotensi melemah. Secara teknikal, Dennies menjelaskan, IHSG masih bergerak dalam trend bearish jangka menengah sehingga masih ada potensi melanjutkan pelemahan. 

Sementara itu, pada perdagangan sebelumnya IHSG ditutup melemah tipis sebesar 0,39 persen. Pelemahan tersebut didorong oleh aksi profit taking setelah hari sebelumnya menguat signifikan. Menurutnya, pergerakan hari ini minim sentimen dari data perekonomian.

Secara year to date, IHSG telah melemah 1,91 persen. Meski demikian, investor asing masih membukukan beli bersih di semua pasar sebesar Rp9,87 triliun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement