Rabu 03 Feb 2021 09:27 WIB

Abu Janda-Pandji Pragiwaksono Gagal Paham tentang NU?

Gagal Paham tentang NU?

KH Hasyim Asy'ari.
Foto: NU Online
KH Hasyim Asy'ari.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Idham Cholid, Ketua Umum Jamaah Yasin Nusantara (JAYANUSA); Pembina Together we life Community

NU itu besar sekali. Kebesarannya tak ada yang menandingi, di belahan dunia manapun. Berapa jumlah anggotanya? KH. Hasyim Muzadi dulu pernah menyebutkan, sekitar 60 juta. Gus Dur lain lagi, katanya, 50 persen Muslim Indonesia itu NU. 

Jika kebesaran diukur dari banyaknya jumlah pengikut maka hal itu sudah terkonfirmasi lewat survei terkini LSI Denny JA. Survei yang dilakukan pada 18-25 Februari 2019 itu telah mendaulat NU sebagai ormas terbesar dengan jumlah persentase 49,5% Muslim Indonesia.

LSI Denny JA juga merilis bahwa jumlah Muslim Indonesia 87,8 persen. Sisanya, 12,2 persen, dari kalangan minoritas. Dengan demikian, jika jumlah penduduk Indonesia saat ini 271 juta maka jumlah Muslimnya 236 juta. Berarti, jumlah pengikut NU sekitar 116 juta. Angka yang fantastis.

Yang menarik sebenarnya temuan LSI Denny JA tentang jumlah warga NU itu tak jauh meleset dari yang disampaikan Gus Dur dulu. Seakan malah membenarkannya. Luar biasa!

Namun, asumsi ataupun hasil survei itu haruslah dibuktikan secara faktual. Konon, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini akan membuktikannya lewat gerakan "personalisasi" dengan penerbitan KTA untuk seluruh warga NU dalam lima tahun ini. Kita tunggu saja.

Baca juga : Kapankah Waktu Terbaik untuk Membaca Alquran?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement