Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Vidi Aldiano: Personality Penting Bagi Penyanyi

Rabu 03 Feb 2021 08:25 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Yudha Manggala P Putra

Vidi Aldiano

Vidi Aldiano

Foto: MGROL 78
Baik menyanyi solo atau grup, personalitas menurut Vidi perlu diperhatikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vidi Aldiano mengatakan ada beberapa hal yang ia pelajari selama melakoni profesi sebagai penyanyi. Salah satunya adalah mengenali personality atau jati diri.

Baik itu menyanyi solo atau grup, jati diri menurutnya perlu benar-benar diperhatikan. Artinya, kita harus mengetahui apa yang dimiliki dan diinginkan oleh kita sendiri. “Harus punya personality yang baik sih menurutku,” ungkap Vidi dalam konferensi pers virtual pembukaan audisi girlband Girls Girls, Selasa (2/1).

Ketika tampil di atas panggung, entah itu panggung kecil atau besar, penting untuk membangkitkan rasa percaya diri namun diiringi juga dengan jam terbang. Bagaimana menjadi percaya diri? Dengan mengenali diri sendiri dalam personality yang baik.

Karena seringkali ketika di atas panggung, sudah banyak referensi yang dilihat dan pasti ingin menampilkan versi terbaik dari dalam diri. Sehingga terkadang justru jadi menunjukkan diri kita dengan versi orang lain. Mungkin butuh juga tutor dan jam terbang itu.

“Sepertinya memang butuh jam terbang, percaya diri, dan kamu harus tahu siapa dirimu. Dan butuh referensi banyak tapi tetap tahu true colour kamu, mau solo atau grup itu butuh waktu,” papar penyanyi lagu “Nuansa Bening” itu.

Vidi Aldiano mengaku butuh waktu 5-6 tahun setelah masuk industri musik Indonesia, untuk mengetahui jati dirinya dalam bermusik. Karena pada proses itu, ia masih suka melihat musisi lain sebagai kacanya dan kerap tidak sesuai hati. Baru sekarang dia paham betul apa yang dia mau.

“Tapi aku nggak sesali apa yang sudah aku jalani, karena itu kan masih proses jati diri. Apalagi dalam sebuah grup, harus kenali jati diri masing-masing supaya tetap solid dan awet. Intinya kalau dalam grup harus mau belajar, kerja sama, menutupi satu sama lain dan melengkapi satu sama lain,” kata Vidi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA