Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Ribuan Ikan di Situ Citongtut, Gunung Putri, Mati

Rabu 03 Feb 2021 06:19 WIB

Red: Ratna Puspita

Bupati Bogor Ade Yasin

Bupati Bogor Ade Yasin

Foto: dok. Istimewa
Bupati Bogor minta DLH cari penyebab matinya ribuan ikan di Gunung Putri.

REPUBLIKA.CO.ID, Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin meminta Dinas Lingkungan Hidup di wilayahnya menelusuri penyebab matinya ribuan ikan di Situ Citongtut, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. "Turun ke lapangan harus dicari penyebabnya apa berasal dari limbah industri siapa yang buang ke situ," ucapnya usai rapat penanganan Covid-19 di Cibinong, Bogor, Selasa.

Ade Yasin meminta laporan hasil investigasi dari DLH Kabupaten Bogor mengenai matinya ribuan ikan tersebut dapat diserahkan dalam waktu dekat.

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Desa Cicadas, Dian Hermawan menyebutkan, ribuan ikan itu mengambang dan menumpuk ke permukaan pinggir danau yang airnya dalam kondisi keruh berwarna hitam. "Sudah dua hari pada mabuk ikannya, sekarang mati," terang Dian.

Ia mengatakan, matinya ribuan ikan hasil sumbangan dari pemerintah dan pihak swasta itu dikeluhkan masyarakat sekitar lantaran menimbulkan bau tak sedap. Dian menduga, matinya ribuan itu akibat pencemaran air danau oleh limbah berbahaya.

Sebab, kejadian hampir serupa juga sempat terjadi pada 2020. "Tahun lalu, enggak terlalu parah. Ini yang terparah banyak ikannya yang mati sama bau busuk sampai ke area permukiman warga," kata Dian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA