Rabu 03 Feb 2021 05:17 WIB

Arti Ucapan Jazakallah dan Keutamaannya

Jazakallah khairan adalah salah satu kalimat syukur.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Arti Ucapan Jazakallah dan Keutamaannya
Foto: Thoudy Badai/Republika
Arti Ucapan Jazakallah dan Keutamaannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai umat Muslim dianjurkan untuk saling berbuat kebaikan. Bahkan, dianjurkan membalas kebaikan tersebut meskipun hanya berupa doa. 

Jazakallah khairan adalah salah satu kalimat syukur atau ucapan yang biasanya dilakukan umat Muslim ketika menyampaikan rasa terima kasih kepada Muslim lainnya. Jazakallah merupakan bahasa Arab yang berarti "semoga Allah membalasmu" sedangkan khairan berarti kebaikan. Sehingga, apabila digabungkan berarti "semoga Allah membalas kebaikanmu". 

Baca Juga

Keutamaan kalimat tersebut adalah selain menyampaikan ungkapan rasa terima kasih juga terdapat doa di dalamnya. Sebagaimana tertuang dalam hadits, Usamah bin Zaid berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang diberikan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada orang yang memberikan kebaikan: Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi (dalam menyatakan) rasa syukurnya," (HR. Tirmidzi).

Bahkan, kalimat tersebut juga bisa ditunjukkan kepada orang-orang yang membenci kita, mencela, dan menghina kita. Seperti disebutkan dalam buku Seni Hidup Tenang di Usia Muda karya Muhammad Chandra, cara terbaik menghadapi kebencian adalah dengan bersabar terhadapnya.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement