Rabu 03 Feb 2021 05:07 WIB

Sholat Tahajud Rasulullah, Seperti Apa?

Rasulullah senantiasa melaksanakan sholat tahajud semasa hidupnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Sholat Tahajud Rasulullah, Seperti Apa?
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Sholat Tahajud Rasulullah, Seperti Apa?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam senantiasa melaksanakan sholat sunnah tahajud (qiyamul lail) semasa hidupnya. Bahkan, Rasulullah mengerjakannya hingga kedua telapak kaki beliau bengkak. 

Dikutip dari buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Abdullah B. Abdirrahman al-Jibrin, niat sholat berada dalam hati. Jangan melafalkan niatnya dengan mengucapkan 'Ushalli lillaahi shalaata kadzaa wa kadzaa' (saya niat karena Allah untuk shalat anu.. anu..)' karena melafalkan niat itu mengada-ada dalam urusan agama.

Baca Juga

Salah satu bacaan iftitah yang dibaca oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika sholat malam, yakni

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اِهْدِنِى لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِى مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

"Allahumma robba jibroo-iila wa mii-ka-iila wa isroofiila, faathiros samaawaati wal ardhi ‘aliimal ghoibi wasy syahaadah anta tahkumu bayna ‘ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun, ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi-idznik, innaka tahdi man tasyaa-u ilaa shirootim mustaqiim." 

Artinya: "Ya Allah, Rabbnya Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Rabb yang mengetahui yang ghaib dan nyata. Engkau yang menjatuhkan hukum untuk memutuskan apa yang mereka pertentangkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran apa yang dipertentangkan dengan seizin dari-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki)," (HR Muslim).

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement