Selasa 02 Feb 2021 22:39 WIB

Anggota Pro Teori Konspirasi Disebut Kanker Partai Republik

Ada desakan agar Greene diturunkan dari jabatannya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Ricuh di Capitol Hill (ilustrasi)
Foto: AFP/VOA
Ricuh di Capitol Hill (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketua Senat Partai Republik Mitch McConnell sebut anggota House of Representative pendukung teori konspirasi, Marjorie Taylor Greene adalah kanker di Partai Republik. Sementara Partai Demokrat melanjutkan langkah untuk menurunkan Greene dari jabatannya.

Beberapa hari terakhir muncul pernyataan Greene yang menyangkal penembakan massal di sekolah dan dukungan terhadap kekerasan. Anggota House dari Partai Demokrat Debbie Wasserman Schultz mengajukan resolusi untuk menurunkan Greene dari jabatan sebagai anggota komite anggaran dan pendidikan House.

Baca Juga

"Kebohongan gila dan teori konspirasi adalah kanker bagi Partai Republik dan negara kami," kata McConnell dalam pernyataan pada wartawan, Selasa (2/2).

"Seseorang yang mengatakan mungkin tidak ada pesawat yang menabrak Pentagon pada 9/11, penembakan massa di sekolah direncanakan, dan (Bill dan Hillary) Clinton yang menabrakan pesawat John F. Kennedy Jr. tidak hidup dalam kenyataan," tambah McConnell.  

Greene menyerang balik McConnell di media sosial Twitter. "Kanker Partai Republik yang sebenarnya anggota partai lemah yang hanya tahu bagaimana kalah dengan hormat," cicitnya.

Sebelumnya ia memperingatkan anggota Partai Demokrat partainya akan menurunkan mereka dari jabatan di komite bila Partai Republik memenangkan pemilihan House 2022. "Dan akan bangkit menjadi mayoritas, jangan salah dengan hal itu," katanya.

Sementara itu Wasserman Schultz mengatakan House tidak dapat menghentikan Greene untuk berbicara. "Yang dapat kami lakukan, pada dasarnya membuatnya hampir tidak memiliki wewenang, itulah maksud dari resolusi ini," kata Wasserman Schultz dalam konferensi pers bersama anggota House Ted Deutch dan Jahana Hayes.  

Pendekatan Wasserman Schultz hanya membutuhkan sedikit mayoritas untuk bisa diloloskan. Partai Demokrat menguasai House dengan 221 kursi sementara Republik hanya 211 kursi. Sehingga lebih mudah diloloskan dibandingkan upaya anggota House Jimmy Gomez yang ingin menurunkan Greene dari jabatan anggota Kongres.

Greene pernah mengungkapkan dukungannya pada klaim pembunuhan massal di Sekolah Dasar Sandy Hook tahun 2012 di Newtown, Connecticut dan pembantaian di Sekolah Menengah Atas Stoneman Douglas di Parkland, Florida, sudah direncanakan sebelumnya.

Pekan lalu CNN melaporkan sebelum maju dalam pemilihan Kongres Greene pernah mendukung pembunuhan terhadap anggota Partai Demokrat termasuk ketua House Nancy Pelosi. "Bila Anda tidak menyadari kebenaran bahwa 26 anak-anak dan orang dewasa di bunuh di Sekolah Dasar Sandy Hook dan 17 lagi dibantai dengan keji di Sekolah Menengah Atas Parkland maka Anda tidak bisa dipercaya untuk membuat keputusan dalam kebijakan anggaran dan pendidikan," kata Wasserman Schultz.

Komite Badan Kehormatan House akan menggelar sidang langkah Partai Demokrat untuk menurunkan Greene dari jabatan komite anggaran dan pendidikan pada Rabu (3/2) besok. Hal ini mengindikasi kemungkinan pemungutan suara digelar pekan ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement