Selasa 02 Feb 2021 22:12 WIB

Benarkah Islam Datang ke Nusantara Dibawa Kaum Sufi?

Kaum sufi datang karena membawa misi Islam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Islam Datang ke Nusantara Dibawa Kaum Sufi?. Ibnu Arabi, sufi besar yang kontroversial, tapi diminati.
Foto: ksaadat
Benarkah Islam Datang ke Nusantara Dibawa Kaum Sufi?. Ibnu Arabi, sufi besar yang kontroversial, tapi diminati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beragam teori terkait masuknya agama Islam ke nusantara, seperti melalui perdagangan, dakwah, atau pernikahan. Ahli Kajian Persia Universitas Indonesia, Bastian Zulyeno mengatakan tidak semua para pedagang menyebarkan Islam.

Ada kelompok yang datang karena membawa misi Islam. Kelompok tersebut adalah kaum sufi.

Baca Juga

Jika dilihat budaya Persia kental di Indonesia. Beberapa kosakata berasal dari bahasa Persia misalnya perniagaan, nakhoda, jangkar, dan nisan.

Bahkan ada sejumlah bukti di nisan tua kuno yang memang menunjukkan berasal dari mayoritas kaum sufi. Mulai dari ornamen hingga bentuk. Artinya, kaum sufi ikut andil dalam menyebarkan agama Islam dan bisa jadi yang paling berhasil.

“Mereka (kaum sufi) datang menyebarkan Islam dengan mendirikan perguruan sehingga murid dan pengikutnya banyak,” kata Bastian dalam gelar wicara "Riwayat Masuknya Islam ke Nusantara" di kanal Youtube Historia.ID.

Penelusuran jejak sufi ada pada Makam Sultan Malikussaleh di Aceh dan Makam Syekh Mahmud di Papan Tinggi Barus, Sumatra Utara. Di makam tersebut tertulis syair berbahasa Persia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement