Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Bupati Resmikan Padepokan Silat di Garut

Selasa 02 Feb 2021 21:28 WIB

Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil

Bupati Resmikan Padepokan Silat di Garut. Foto: Pencak Silat (ilustrasi)

Bupati Resmikan Padepokan Silat di Garut. Foto: Pencak Silat (ilustrasi)

Foto: Antara/Syaiful Arif
Padepokan silat di Garut diresmikan bupati.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut meresmikan Padepokan Pencak Silat Surya Sumirat di Kampung Papandak, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, akhir pekan lalu. Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, padepokan silat itu didirikan untuk membangun karakter generasi muda.

"Generasi muda sekarang lebih tau tentang HP," kata Rudy melalui keterangan resminya, Sabtu (30/1).

Menurut dia, di tengah perkembangan zaman ini kebudayaan dalam negeri juga harus dilestarikan. Salah satu kebudayaan itu adalah pencak silat.

Ia menjelaskan, pencak silat dapat membangun sifat ksatria, jujur, dan ksatria. Tak hanya itu, saat ini keahlian bela diri juga bisa dijadikan sumber penghasilan yang besar bagi siapaun yang menekuninya.

"Berkelahi juga sekarang bisa menjadi uang (penghasilan) ratusan miliar. mau ke UFC silahkan, nanti lawan McGregor. Bayarannya ratusan miliar. Itu dasar ilmunya ada, mau di silat, taekwondo, karate, dan lain-lain," kata Rudy.

Ia menambahkan, Kampung Papandak yang menjadi tempat Padepokan Surya Sumirat menjadi salah satu kampung bersejarah bagi Kabupaten Garut. Menurut dia, rumah-rumah di kampung itu memiliki ciri khas tersendiri.

"Dikarenakan rumahnya khas, papandak itu dijadikan ide untuk membangun ITB tahun 1926. Jadi jurang papandak itu merupakan salah satu peninggalan leluhur orang sunda asli, orang Garut asli, yaitu rumah papandak," kata dia.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA