Selasa 02 Feb 2021 21:17 WIB

Musisi Legendaris AS Tolak Terima Medali dari Donald Trump

Dolly Parton dikabarkan menolak pemberian medali untuk pekerjaan amalnya dua kali.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih
Dolly Parton
Foto: 929jackfm.com
Dolly Parton

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musikus legendaris asal Amerika Serikat Dolly Parton menolak pemberian medali dari mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dolly dikabarkan menolak pemberian medali untuk pekerjaan amalnya sebanyak dua kali.

"Saya tidak dapat menerimanya karena suami saya sakit dan kemudian mereka bertanya lagi tentang hal itu dan saya tidak akan bepergian karena COVID-19,” ungkap Dolly kepada Today, dilansir laman Mirror, Selasa (2/2).

Baca Juga

Dolly, selain terkenal karena bermusik, juga terkenal karena pekerjaan filantropisnya. Baru-baru ini, dia terungkap telah membantu mendanai vaksin untuk virus Covid-19.

Pekerjaan amalnya itu menarik perhatian Gedung Putih. Mantan Presiden Trump telah menawarkan Presidential Medal of Freedom kepadanya. Perempuan berusia 75 tahun itu pun menyatakan, dia kemungkinan juga akan menolak tawaran medali dari Presiden saat ini, Joe Biden.

Penyanyi country itu khawatir jika ia mengambilnya, para penggemar mungkin menuduhnya memiliki bias politik. "Sekarang saya merasa jika saya mengambilnya, saya akan melakukan politik, jadi saya tidak yakin."

Dolly mengklarifikasi, dan menyatakan dia melakukan pekerjaan amalnya untuk kebaikan jiwanya. Lalu, dia pun menolak gagasan bahwa dia pantas untuk dihormati atas pekerjaan amalnya.

“Saya tidak bekerja untuk penghargaan itu,” kata dia.

Dia tak memungkiri, jika dia menerima penghargaan tersebut, maka hal itu akan menyenangkan. Namun demikian, dia merasa tak yakin apakah dia pantas mendapatkannya.

“Tapi itu pujian yang bagus bagi orang-orang untuk berpikir bahwa saya mungkin pantas mendapatkannya,” tutur dia.

Medali adalah tawaran sipil tertinggi yang dapat dicapai di negara adidaya itu. Itu merupakan penghargaan yang dihadiahkan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi yang sangat berjasa bagi keamanan atau kepentingan nasional Amerika Serikat, perdamaian dunia, budaya, atau upaya publik atau pribadi penting lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement