Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Protokol Kesehatan di Pelatnas Cipayung Diperketat

Selasa 02 Feb 2021 20:03 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Sejumlah atlet bulutangkis melakukan latihan jelang Kejuaraan Piala Sudirman 2019 di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2019).

Sejumlah atlet bulutangkis melakukan latihan jelang Kejuaraan Piala Sudirman 2019 di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2019).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Untuk kegiatan ibadah sholat pun di Mushola jarak shaf sudah diatur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatnas bulu tangkis Indonesia di Cipayung, Jakarta Timur, tak mau kecolongan lagi ada pemainnya yang terpapar Covid-19. Oleh sebab itu, pelaksanaan protokol kesehatan akan lebih diperketat.

Sebelumnya di akhir bulan Desember, Kevin Sanjaya Sukamuljo dinyatakan terpapar Covid-19. Ini membuat Kevin tidak bisa mengikuti tiga rangkaian turnamen di Thailand. Tanpa pasangan ganda putra nomor satu dunia, Indonesia hanya bisa membawa pulang satu gelar juara melalui ganda putri. Ganda putra capaian terbaik hanya medali perak.

Menurut Humas PB PBSI, Broto Happy  Wondomisnowo, Kevin terpapar saat liburan akhir tahun. "Saat itu tidak ada turnamen, pelatnas kemudian memberikan liburan kepada pemain. Kebetulan Kevin pulang ke rumahnya yang tidak jauh dari Pelatnas. Saat interaksi di luar pelatnas itulah dia terpapar," kata Broto kepada republika.co.id, Selasa (2/2). 

Sementara itu Kasubid Pelatnas Cipayung Eddy Prayitno, seperti disampaikan Broto, pemain pelatnas akan diperketat dan tidak diizinkan keluar. "Semua pemain pelatnas kecuali Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tidak boleh meninggalkan pelatnas. Kalau Hendra/Ahsan mau masuk pelatnas harus tes usap terlebih dahulu," kata dia.

Koordinator bidang medis pelatnas PBSI dr Michael Triangto menyatakan betapa pentingnya penerapan protokol kesehatan secara ketat baik untuk pemain, penghuni dan tamu yang datang. "Pemain diminta benar-benar menerapkan Protokol kesehatan," ujar dia.

"Pelatnas juga akan lebih ketat menerima tamu. Dari mulai datang harus cek suhu, hand sanitizer juga ada bikin disinfektan. Tempat parkir kita pisahkan, menerima tamu pun tidak bisa di gedung PBSI," kata dia melanjutkan.

Untuk kegiatan ibadah sholat pun di Mushola jarak shaf sudah diatur. "Biasanya sholat Jumat muat dilakukan di Mushola, kini harus di lapangan. Untuk makan biasanya satu meja empat orang kini dibatasi dua orang. Masker wajib dipakai, tempat cuci tangan dengan sabun kita siapkan di banyak tempat," kata dia.

Pemain Indonesia akan melanjutkan turnamen internasional tur Eropa bulan Maret mendatang. Swiss Opes, Jerman Open dan All England. Kevin/Marcus akan ikut di Jerman Open sebelum tampil di All England.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA