Selasa 02 Feb 2021 16:56 WIB

9 Ciri-Ciri Suami yang Baik untuk Istri, Termasukkah Anda?

Terdapat ciri-ciri suami yang baik bagi istri menurut ajaran Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat ciri-ciri suami yang baik bagi istri menurut ajaran Islam. Ilustrasi suami isri
Foto: antarafoto
Terdapat ciri-ciri suami yang baik bagi istri menurut ajaran Islam. Ilustrasi suami isri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah menikah, suami dan istri memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dalam bersikap, baik suami dan istri harus memiliki sikap yang baik kepada satu sama lain.

Alquran dan sunnah menjelaskan beberapa ciri-ciri suami yang baik bagi istrinya. Sebagai suami, sangat penting menjadi sosok saleh yang berguna bagi keluarganya. Beberapa ciri-ciri suami yang baik di antaranya:  

Baca Juga

1. Memperlakukan istri dengan baik 

Sebagai seorang suami hendaknya memperlakukan istri dengan baik di kesehariannya termasuk menghormati istri. Dalam Alquran surat An-Nisa ayat 19:  

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَحِلُّ لَكُمْ أَنْ تَرِثُوا النِّسَاءَ كَرْهًا ۖ وَلَا تَعْضُلُوهُنَّ لِتَذْهَبُوا بِبَعْضِ مَا آتَيْتُمُوهُنَّ إِلَّا أَنْ يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

“Wahai orang-orang yang beriman! Tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.”

Tak hanya itu, seorang suami juga harus memperlakukan istri dengan lembut dan adil. Seperti dalam hadits riwayat Aisyah RA: 

خيرُكم خيرُكم لأهلِه وأنا خيرُكم لأهلي  “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik di antara kalian (dalam memperlakukan keluarganya), dan aku adalah sebaik baik dari kalian (dalam memperlakukan) keluargaku.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement