Selasa 02 Feb 2021 15:20 WIB

Anda Pernah Sakiti Orang Tua? Lakukan Amalan Ini Segera  

Menyakiti kedua orang tua adalah amalan yang tidak terpuji

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Menyakiti kedua orang tua adalah amalan yang tidak terpuji. Ilustrasi berbakti kepada orang tua
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Menyakiti kedua orang tua adalah amalan yang tidak terpuji. Ilustrasi berbakti kepada orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang Muslim yang melawan atau tidak taat pada orang tua, harus segera bertobat kepada Allah SWT. Sebab bersikap tidak terpuji kepada orang tua adalah perbuatan dosa besar.

Karena itu, jika terlanjur melakukan perbuatan dosa tersebut, Anda harus segera bertobat dan berjanji untuk tidak mengulanginya dengan cara menutupnya dengan segala perbuatan baik sebagai upaya untuk menghapus dosa.

Baca Juga

وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَىٰ Allah SWT berfirman, "Dan sungguh, Aku Mahapengampun bagi yang bertobat, beriman dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk." (QS Taha: 82) 

Meski begitu, sebagaimana dilansir dari laman Mawdoo, bertobat atas perbuatan buruk kepada orang tua tidak cukup. Diperlukan hal lain untuk menunjukkan kesungguhan dalam bertobat atas dosa kepada orang tua. 

Di antaranya adalah berbuat baik kepada orang tua, meminta maaf kepada mereka, mendoakan mereka, mencium kepala mereka, menggunakan tutur kata yang lembut saat berbicara dengan orang tua, dan bersikap rendah hati kepada mereka.

Seorang Muslim juga harus ingat, bahwa pertobatan atas sikap buruknya terhadap orang tua adalah komitmen kepada Allah SWT. Sebab, bagaimana pun, ridha Allah SWT terletak pada ridha orang tua.

Perlu diingat juga bahwa pintu tobat terbuka bagi setiap Muslim. Tidak peduli apa dosa yang dilakukannya. Termasuk misalnya dosa karena mencegah istri dan ana-anak untuk mematuhi orang tua.

Setiap Muslim harus sadar bahwa bersikap tidak terpuji kepada orang tua adalah masalah yang sangat berbahaya. Seorang Muslim tidak mendapat manfaat dari sholat, zakat, atau ibadah apapun jika dia tidak taat kepada orang tuanya. 

Bahkan, durhaka kepada orang tua akan membuat lidah seseorang ditahan atau kelu dari dua kesaksian setelah meninggal dunia.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%83%D9%8A%D9%81_%D8%A7%D8%AA%D9%88%D8%A8_%D9%85%D9%86_%D8%B9%D9%82%D9%88%D9%82_%D8%A7%D9%84%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%AF%D9%8A%D9%86#cite_note-JnqpIJFLLG-8 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement