Selasa 02 Feb 2021 15:38 WIB

Bahaya Penyakit Musim Hujan di Tengah Pandemi Covid-19

Aaat musim hujan, sistem imun cenderung berkurang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Flu (ilustrasi)
Foto: Freepik.com
Flu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap penyakit yang bermunculan selama musim hujan dan bencana banjir. Sebab, pandemi Covid-19 bisa membuat kondisi pengidap penyakit tersebut semakin parah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Primaya Hospital Betang Pambelum (Palangkaraya), Alex Ranuseto, memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. Lewat pernyataan resminya, Alex mengatakan bahwa saat musim hujan, sistem imun cenderung berkurang.

Baca Juga

Penyebabnya adalah aktivitas yang terbatas dan cuaca yang membuat seseorang enggan bergerak dan berolahraga. Selain itu, penyakit yang ditularkan oleh nyamuk akan semakin banyak karena selalu ada genangan air saat musim hujan dan banjir.

Itu semua menjadi media penularan yang mudah dan cepat untuk penyakit leptospirosis (infeksi yang disebabkan oleh hewan). Penyakit lain yang berpotensi timbul adalah flu (influenza), demam berdarah, malaria, diare, hepatitis A, dan demam tifoid.

 

"Tentu saja bila seseorang telah terjangkit salah satu penyakit musim hujan dan banjir yang kemudian superinfeksi dengan Covid-19 akan menjadi lebih berat prognosis atau perkembangan penyakit yang dideritanya," ungkap Alex.

Sebagai langkah pencegahan, Alex menyarankan agar masyarakat selalu membawa sepatu bot, sarung tangan, jas hujan, dan payung setiap kali keluar rumah. Melindungi diri saat musim hujan sangat penting untuk menjaga sistem imun dalam kondisi prima.

Imun yang kurang baik akan mempermudah seseorang terkena penyakit influenza ketika hujan. Sementara, kontak langsung antara kulit yang terbuka atau terluka dengan genangan atau tanah basah tanpa alat pelindung bisa memicu leptospirosis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement