Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Pemerintahan Joe Biden Tetap Deportasi Ratusan Imigran

Selasa 02 Feb 2021 13:48 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

 Presiden AS Joe Biden

Presiden AS Joe Biden

Foto: AP/Evan Vucci
Pada masa kampanye, Joe Biden berjanji berhenti mendeportasi sebagian imigran

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Presiden Joe Biden telah mendeportasi ratusan imigran pada masa-masa awal pemerintahannya. Padahal, pada masa kampanye, dia berjanji untuk berhenti mengeluarkan sebagian orang yang masuk Amerika Serikat (AS) secara ilegal.

Seorang hakim federal pekan lalu memerintahkan pemerintahan Biden untuk tidak memberlakukan moratorium deportasi 100 hari. Namun, keputusan itu tidak mengharuskan pemerintah untuk menjadwalkannya.

Dalam beberapa hari terakhir, Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE) telah mendeportasi imigran ke setidaknya tiga negara, 15 orang ke Jamaika pada 28 Januari serta 269 orang ke Guatemala dan Honduras sehari berikutnya. Penerbangan deportasi lainnya dijadwalkan pada Senin (1/2).

Baca Juga

ICE mengatakan telah mendeportasi orang ke Jamaika dan mematuhi perintah pengadilan pekan lalu. Pejabat di Honduras mengkonfirmasi bahwa 131 orang berada dalam penerbangan deportasi yang mendarat Jumat (29/1). Penerbangan lain yang mendarat di Guatemala pada hari yang sama memiliki 138 orang, dengan tambahan 30 orang diharapkan tiba Senin.

 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA