Selasa 02 Feb 2021 13:17 WIB

Polda Sumbar Bubarkan 1.189 Kali Kerumunan Akhir Pekan

Pada Sabtu pembubaran kerumunan paling banyak terjadi di Payakumbuh sebanyak 300 kali

Anggota Brimob Polda Sumbar bubarkan kerumunan di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Kota Padang
Foto: republika/febrian fachri
Anggota Brimob Polda Sumbar bubarkan kerumunan di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Kota Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mencatat telah 1.189 kali melakukan pembubaran keramaian di daerah itu saat akhir pekan yakni Sabtu (30/1) dan Ahad (31/1).

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu mengatakan pembubaran kerumunan itu dilakukan karena kegiatan masyarakat di daerah itu yang diduga melanggar protokol kesehatan.

Menurut dia langkah ini dilakukan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 yang mulai menanjak di daerah itu. Ia mengatakan sepanjang Sabtu (30/1) pihaknya telah 588 kali melakukan pembubaran kerumunan warga dan yang terbanyak dilakukan oleh Polres Payakumbuh dengan 300 kali pembubaran.

Kemudian diikuti oleh Polresta Padang sebanyak 138 kali aksi pembubaran kerumunan yang terjadi pada hari tersebut. Sementara pada Ahad (31/1) pihaknya telah membubarkan kerumunan yang dibuat oleh masyarakat sebanyak 601 kali dan yang terbanyak dilakukan oleh Polres Payakumbuh sebanyak 300 kali diikuti Polresta Padang 135 kali pembubaran.

Selain membubarkan kerumunan, pihaknya juga memberikan teguran kepada masyarakat yang masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak menjaga jarak aman.

"Total kita sudah 9.747 kali memberikan teguran kepada masyarakat sepanjang hari Sabtu dan Ahad," kata dia.

Ia mengatakan teguran terbanyak pada Sabtu (30/1) diberikan petugas di Kota Padang sebanyak 679 kali diikuti di Kota Bukittinggi sebanyak 678 kali dan Polres Pariaman memberikan 457 kali teguran kepada masyarakat.

"Kita terus berupaya agar masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak terkena virus. Ketiga lokasi di atas merupakan destinasi wisata yang kerap dikunjungi saat libur," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement