Selasa 02 Feb 2021 12:59 WIB

BBM Ron Tinggi Bisa Kurangi Polusi Udara

Memakai BBM Ron tinggi dinilai bisa perbaiki kualitas udara di kota-kota besar.

 Ilustrasi BBM
Foto:

Melalui program ini, kata Mamit, Pemerintah memalui Pertamina bisa menjadi edukasi ke masyarakat. Selain itu, pemerintah dan Pertamina harus tetap melakukan edukasi dengan program-program menarik lainnya.

"Ke depan, jika kondisi keuangan memungkinkan perlu adanya semacam subdidi agar harga BBM ron tinggi menjadi lebih terjangkau. Seperti subsidi tetap saat ini untuk solar subsidi," ujar Mamit.

Sementara, pengamat otomotif Anton Viat menambahkan, untuk kualitas BBM dengan ron tinggi secara otomatis akan membuat akselerasi mesin kendaraan lebih baik. "Sehingga dari segi teknis sangat baik untuk pembakaran dalam mesin. Tenaga mesin juga akan naik dan tentunya akan lebih efisien konsumsi BBMnya, karena kita hanya butuh menginjak gas sedikit, kendaraan sudah laju," kata pemilik bengkel mobil Abadi Motor ini.

Begitu pun, lanjut Anton, BBM dengan kualitas baik sudah pasti menekan kadar emisi, sehingga menekan polusi udara. Anton pun menyarankan, agar harga BBM dengan ron tinggi seperti Pertamax diturunkan agar masyarakat bisa beralih karena harga yang terjangkau. Sementara Pertalite perlahan dihilangkan.

"Kalau berdasarkan analisa dari berbagai keluhan konsumen, yang sering ke bengkel, pertalite agak sedikit kurang bagus untuk mesin," kata dia. Temuan itu, kata Anton berdasarkan hasil pembongkaran mesin kendaraan dan terdapat kerak thortle body, yang berdampak kepada peforma kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement