Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

BBM Ron Tinggi Bisa Kurangi Polusi Udara

Selasa 02 Feb 2021 12:59 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

 Ilustrasi BBM

Ilustrasi BBM

Foto: Republika/Mardiah
Memakai BBM Ron tinggi dinilai bisa perbaiki kualitas udara di kota-kota besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan Ron tinggi seperti Pertamax, dinilai sudah menjadi keharusan. Apalagi saat ini menurut Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan kualitas udara di kota-kota besar cenderung memburuk.

Maka, kata Mamit, langkah pemerintah daerah, seperti DKI Jakarta, melakukan keharusan uji emisi dinilai langkah tepat dan perlu diterapkan di daerah lain. Mamit menyampaikan, secara otomatis, penggunaan BBM dengan ron tinggi akan membuat kualitas udara lebih baik. Termasuk kinerja mesin kendaraan lebih terawat dan sempurna.

"Terkait dengan penggunaan BBM dengan RON yang lebih tinggi apakah akan memperbaiki kualitas udara? Saya jawab pastinya sangat bisa. Penggunaan BBM Ron tinggi jelas mengurangi kadar emisi," kata Mamit, kepada wartawan, ditulis Senin (2/2/2021).

Selain itu, kata Mamit, dengan menggunakan BBM ron tinggi, maka kinerja mesin, pembakaran mesin, menjadi lebih sempurna. Melalui kinerja mesin yang sempurna, kompresi mesin menjadi lebih tinggi dan akselerasi menjadi lebih bagus.

"Sehingga gas buang menjadi lebih sedikit dan lebih bagus lagi. Selain itu, dengan BBM Ron tinggi maka dengan kinerja mesin yang lebih sempurna dibandingkan dengan BBM ron rendah maka mesin menjadi lebih awet dan tahan lama," ujar Mamit menjelaskan.

Begitu juga, kata Mamit, biaya perawatan kendaraan bisa lebih murah karena tidak perlu sering-sering pergi ke bengkel untuk service. Selain itu, karena pembakaran yang baik maka jarak tempuh kendaraan bisa lebih jauh lagi.

"Dengan demikian, kita bisa berhemat karena jarak tempuh lebih jauh jika dibandingkan menggunakan BBM ron rendah. Selain itu, untuk jangka panjang mesin akan lebih awet dan tidak rewel," ungkap Mamit.

Jadi secara manfaat, lanjut Mamit, BBM ron tinggi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan BBM ron rendah. Untuk itu, dengan program yang dilakukan Pertamina seperti Pertalite seharga Premium kemudian dilanjutkan dengan program diskon 800 merupakan salah satu upaya tepat untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan BBM dengan ron lebih tinggi.

"Sehingga saat masyarakat menggunakan BBM ron tinggi akan merasakan pengalaman lebih baik jika dibandingkan menggunakan BBM ron rendah," jelas Mamit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA