Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Angelina Jolie Jual Lukisan Winston Churchill Koleksinya

Selasa 02 Feb 2021 09:19 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari

Lukisan Winston Churchill

Lukisan Winston Churchill

Foto: EPA/ERIK S. LESSER
Rumah lelang harap lukisan Churchill laku hingga Rp 34 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah lukisan karya Winston Churchill yang merupakan bagian dari sejarah politik dan Hollywood akan dilelang. Rumah lelang Christie mengatakan, lanskap Maroko "Tower of the Koutoubia Mosque" merupakan hadiah dari Churchill kepada Presiden AS Franklin D Roosevelt.

Lukisan itu dijual Angelina Jolie pada bulan depan dengan perkiraan harga 1,5 juta poundsterling hingga 2,5 juta poundsterling (sekitar Rp 28 miliar hingga Rp 48 miliar). Gambar masjid abad ke-12 di Marrakesh, saat matahari terbenam itu memiliki latar Pegunungan Atlas. Gambar itu, satu-satunya lukisan yang diselesaikan oleh pemimpin Perang Dunia II Inggris selama konflik pada 1939-1945.

Dia melukisnya setelah Konferensi Casablanca Januari 1943, di mana Churchill dan Roosevelt merencanakan kekalahan Nazi Jerman. Kedua pemimpin mengunjungi Marakesh, setelah konferensi agar Churchill dapat menunjukkan keindahan kota kepada Roosevelt.

"Roosevelt terpesona olehnya dan menganggapnya luar biasa," kata kepala departemen seni Inggris modern Christie, Nick Orchard, dilansir dari AP, Selasa (2/2).

Dia mengatakan, Churchill menangkap pemandangan itu dalam lukisan yang indah dan menggugah dan memberikannya kepada Roosevelt sebagai kenang-kenangan dari perjalanan tersebut. Churchill adalah seniman amatir, yang menyelesaikan sekitar 500 lukisan. Orchard berkata, cahaya di Maroko dan di atas Marrakesh adalah sesuatu yang sangat disukai Churchill.

Lukisan itu dijual oleh putra Roosevelt setelah kematian presiden pada 1945, dan memiliki beberapa pemilik sebelum Jolie dan pasangannya Brad Pitt membelinya pada 2011. Lukisan itu dijual Jolie Family Collection sebagai bagian dari lelang seni Inggris modern Christie pada 1 Maret di London.

Orchard mengatakan, rumah lelang berharap bisa mencetak rekor baru untuk hasil pekerjaan Churchill. “Rekor harga lelang Churchill sekitar 1,8 juta poundsterling (sekitar Rp 34 miliar) untuk sebuah lukisan,” kata dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA