Senin 01 Feb 2021 20:11 WIB

3 Pelajaran dari Kisah Nabi Musa dalam Surat Al-Qashash

Terdapat pelajaran penting dari kisah Nabi Musa dalam surat Al-Qashash

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat pelajaran penting dari kisah Nabi Musa dalam surat Al-Qashash. Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Terdapat pelajaran penting dari kisah Nabi Musa dalam surat Al-Qashash. Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Selama hidup Nabi Musa AS dipenuhi dengan segelintir perjuangannya dalam menegakkan keadilan dan menyebarkan ajaran Allah SWT. 

Ada tiga pelajaran penting dari hidup Nabi Musa yang tercantum dalam surat al-Qashash, dilansir About Islam, Senin (1/2): 

Baca Juga

1.Penindasan dan perpecahan. Allah berfirman dalam ayat 4: 

اِنَّ فِرْعَوْنَ عَلَا فِى الْاَرْضِ وَجَعَلَ اَهْلَهَا شِيَعًا يَّسْتَضْعِفُ طَاۤىِٕفَةً مِّنْهُمْ يُذَبِّحُ اَبْنَاۤءَهُمْ وَيَسْتَحْيٖ نِسَاۤءَهُمْ ۗاِنَّهٗ كَانَ مِنَ الْمُفْسِدِيْنَ 

Inna fir'auna 'alā fil-arḍi wa ja'ala ahlahā syiya'ay yastaḍ'ifu ṭā`ifatam min-hum yużabbiḥu abnā`ahum wa yastaḥyī nisā`ahum, innahụ kāna minal-mufsidīn.

“Sungguh, Fir‘aun telah berbuat sewenang-wenang di bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah, dia menindas segolongan dari mereka (Bani Israil), dia menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak perempuan mereka. Sungguh, dia (Fir‘aun) termasuk orang yang berbuat kerusakan.” 

Ayat tersebut tidak hanya menjelaskan betapa liciknya Raja Firaun, tapi juga mengingatkan akan prasyarat untuk melengkapi kekuasaan suatu bangsa. Jika kita bisa mengenali gejalanya sejak awal, kita memiliki keuntungan berada di sisi kanan pertarungan. Sayangnya, sifat berbahaya dari perpecahan semacam itu memudahkan orang untuk mengabaikan dan bahkan membenarkan ketidakadilan. 

2.Melakukan hal yang benar terkadang sulit. Allah berfirman dalam ayat 10: 

وَاَصْبَحَ فُؤَادُ اُمِّ مُوْسٰى فٰرِغًاۗ اِنْ كَادَتْ لَتُبْدِيْ بِهٖ لَوْلَآ اَنْ رَّبَطْنَا عَلٰى قَلْبِهَا لِتَكُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ

Wa aṣbaḥa fu`ādu ummi mụsā fārigā, ing kādat latubdī bihī lau lā ar rabaṭnā 'alā qalbihā litakụna minal-mu`minīn.

“Dan hati ibu Musa menjadi kosong. Sungguh, hampir saja dia menyatakannya (rahasia tentang Musa), seandainya tidak Kami teguhkan hatinya, agar dia termasuk orang-orang yang beriman (kepada janji Allah).” 

Tidak nyaman melakukan hal yang benar, apalagi hanya Anda yang melakukannya. Bahkan ibu Musa yang telah diyakinkan Allah bahwa Musa akan dijaga, mengalami kesulitan dengan tugasnya.

Melakukan hal yang benar itu sulit, tetapi itu benar. Allah tidak menjanjikan kita kemudahan di dunia. Namun, Allah memerintahkan umat manusia untuk membela keadilan dan menjanjikan ganjarannya di akhirat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement