Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Poster Ka'bah dan Bendera LGBT, Mahasiswa Turki Ditahan

Senin 01 Feb 2021 19:53 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Poster Kabah dan Bendera LGBT, Mahasiswa Turki Ditahan

Poster Kabah dan Bendera LGBT, Mahasiswa Turki Ditahan

Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Tindakan tersebut dinilai sebagai provokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Dua orang mahasiswa ditangkap di Turki pada Sabtu malam (30/1). Keduanya diamankan atas tuduhan penghasutan, kebencian dan penghinaan terhadap nilai-nilai agama dengan menyandingkan poster bergambar Ka'bah dengan bendera LGBT.

Penangkapan dilakukan setelah sebelumnya pejabat tinggi Turki membanting poster tersebut. Poster itu dipajang di sebuah pameran di Universitas Bogazici, universitas paling bergengsi di Turki.

Baca Juga

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu menyebutkan dalam akun Twitter-nya bahwa lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT), dan tersangka yang melakukan penyandingan poster Ka'bah dengan LGBT harus ditahan karena tidak menghormati Ka'bah.

Pejabat tinggi pemerintah dari partai konservatif Turki yang berbasis Islam mengutuk poster tersebut. Juru bicara partai oposisi utama sekuler yang kukuh juga mengecam karya seni itu sebagai provokasi. Ia menyebutnya sebagai serangan terhadap nilai-nilai suci.

Pernyataan mereka muncul setelah klub penelitian Islam universitas Bogazici membanting poster dan tersebar di media sosial. Warganet turut mengecam poster tersebut di Twitter. 

Direktur urusan agama Turki, sebelumnya mengatakan homoseksualitas dapat membawa penyakit dan mendapatkan dukungan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ka'bah merupakan situs tersuci bagi umat Islam dan menjadi kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia.

 

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA