Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Raja Yordania Tegaskan Perlunya Solusi Integral Palestina

Senin 01 Feb 2021 18:26 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Raja Yordania Abdullah II memandang perlunya solusi komprehensif untuk Palestina

Raja Yordania Abdullah II memandang perlunya solusi komprehensif untuk Palestina

Foto: Reuters/Jonathan Ernst
Raja Yordania memandang perlunya solusi komprehensif untuk Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN – Raja Yordania Abdullah II menegaskan kembali perlunya mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk perjuangan Palestina. Solusi tersebut ialah yang memenuhi semua hak sah rakyat Palestina.

Raja Abdullah  mengatakan, kawasan dan dunia secara keseluruhan tidak dapat mencapai keamanan, stabilitas, dan perdamaian tanpa mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk perjuangan Palestina yang memenuhi semua hak yang sah dari rakyat Palestina yang bersaudara, berdasarkan solusi dua negara.

Baca Juga

Solusi untuk kedua dua negara, lanjut Raja Abdullah , yaitu untuk menjamin pembentukan negara Palestina yang merdeka, berdaulat, dan layak pada garis 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

"Kami terus berdiri di samping saudara-saudara Palestina kami dengan semua kekuatan dan kemampuan kami saat mereka berusaha untuk mendapatkan hak-hak mereka yang adil dan sah," kata dia sebagaimana dilansir dari Asharq Al-Awsat, Senin (1/2).

Raja juga mencatat bahwa upaya tersebut untuk memastikan hidup dalam perdamaian dan keamanan bersama Israel, sesuai dengan hukum internasional, kerangka acuan yang diakui, dan Inisiatif Perdamaian Arab.

Perjuangan Palestina, tegas Raja, adalah inti dari Yordania. Dia menuturkan, Yordania terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pejabat Palestina. Dia juga menyebut sudah banyak martir dari negaranya yang diterjunkan untuk mempertahankan tanah Palestina.

"Para martir kami telah memberikan hidup mereka untuk mempertahankan tanah Palestina dan upaya berkelanjutan kami untuk mengaktifkan kembali proses perdamaian akan terus berlanjut," kata Raja, sambil menegaskan solusi dua negara adalah satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian yang adil, langgeng, dan komprehensif.

Sumber: https://english.aawsat.com/home/article/2776271/king-jordan-reiterates-importance-two-state-solution

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA