Senin 01 Feb 2021 14:43 WIB

Fonseca: Kekompakan Tim Jadi Kekuatan AS Roma

Paulo Fonseca mengakui timnya bisa menjaga keseimbangan dengan bagus.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca.
Foto: EPA-EFE/Riccardo Antimiani
Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma menang dengan hasil 3-1 dari Hellas Verona di Stadio Olimpico, Roma, Senin (1/2) dini hari WIB. Tiga gol Roma yang dihasilkan Gianluca Mancini, Henrikh Mikhtaryan, dan Borja Mayoral dibuat pada babak pertama.

Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca mengakui timnya bisa menjaga keseimbangan dengan bagus. Dia menyebut posisinya sebagai pelatih tidak hanya mengatur tim, tapi juga memegang kekompakan yang bisa jadi kekuatan bagi skuad Roma.

"Saya harus menjaga keseimbangan yang bagus. Seorang pelatih mengatakan bahwa semua pelatih harus menyiapkan kopernya, inilah hidup kami," kata Fonseca dilansir dari laman Football Italia.

Fonseca mengakui babak kedua beberapa kali pertahanan tim berkurang. Namun hanya satu gol balasan yang diberikan oleh tim tamu. "Kami mencetak gol dan melawan tim dengan pertahanan bagus di liga dan itu tidak mudah. Mereka agresif dan sangat kuat," jelas dia.

Fonseca yakin bahwa babak pertama berjalan dengan sempurna. Meski demikian, masih ada tanda tanya soal nasib pemainnya, Edin Dzeko, yang batal ditransfer ke Inter Milan.

Fonseca hanya meminta untuk seluruh penggawa Roma tetap fokus pada permainan. "Yang paling penting, tim bereaksi dengan baik usai kekalahan dari Spezia. Kami percaya dan bekerja keras, semua sama-sama, ini yang penting," tegas dia.

Fonseca pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh tim malam itu. Meski menang, dia tetap akan melakukan evaluasi bagi kinerja para pemainnya. Salah satunya adalah tak tergantung pada satu individu pemain. "Dalam banyak pertandingan kami memiliki peluang dan tim selalu melakukannya dengan baik. Itu bagus karena kami tidak bergantung hanya pada satu pemain."  

Fonseca mengakui kekuatan tim ini adalah hasil dari apa yang dilakukan bersama-sama. Sehingga hal ini pula yang memengaruhi Fonseca dalam melakukan strateginya kepada tim. "Bagi saya, saya memiliki prinsip dan nilai yang membimbing saya dan itu sangat penting bagi saya," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement