Senin 01 Feb 2021 13:59 WIB

PPKM tak Sesuai Harapan, Jokowi: Perlu Sikap Tegas

Presiden Jokowi menilai perlu sikap tegas Pemda agar masyarakat patuh dan disipilin.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pemerintah perlu bersikap tegas dan konsisten dalam menjalankan kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penularan Covid-19. Menurutnya, sikap tegas pemerintah daerah harus dilakukan agar masyarakat patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kebijakan untuk menekan laju penularan Covid-19 ini masih perlu sikap yang lebih tegas dan konsisten di lapangan, serta kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan," ujar Jokowi dalam unggahannya di media sosial, Senin (1/2).

Baca Juga

Jokowi menyebut, pelaksanaan PPKM yang berjalan hampir sebulan ini tak menunjukan hasil yang baik. Bahkan, hasilnya tak sesuai dengan harapan pemerintah dalam menekan laju penularan virus.

"Bagaimana hasilnya? Belum sejalan dengan yang kita inginkan bersama," ucapnya.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi menyebut penerapan PPKM tak efektif menurunkan jumlah kasus penularan. Menurutnya, kebijakan ini tak memberikan dampak pada penurunan mobilitas dan kegiatan masyarakat.

Hal ini terbukti dengan masih tingginya laju penularan di sejumlah daerah yang menerapkan PPKM. Tak hanya itu, ia juga ingin jajarannya berhati-hati dalam menjalankan kebijakan PPKM sehingga tak berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi.

"Hati-hati ini turun, ada PPKM ekonomi turun. Sebenarnya gak apa-apa asal Covid-19 nya juga turun. Tapi ini tidak (turun)," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement