Senin 01 Feb 2021 12:56 WIB

Cendekiawan Muslim AS Dorong Wajib Vaksinasi Covid-19

Vaksin memiliki potensi menghentikan penyebaran penyakit Covid-19.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Cendekiawan Muslim AS Dorong Wajib Vaksinasi Covid-19
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Cendekiawan Muslim AS Dorong Wajib Vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Vaksin Covid-19 tidak hanya diperbolehkan dalam Islam, tetapi juga wajib. Dalam sebuah dekrit yang dikeluarkan oleh Majelis Ahli Hukum Muslim Amerika (AJMA), disebutkan vaksin memiliki potensi menghentikan penyebaran penyakit yang sangat berbahaya.

Lingkaran Islam Amerika Utara (ICNA) mengadakan seminar, Sabtu (30/1). Dalam pertemuan ini, dihasilkan kesimpulan tidak ada batasan agama dalam penggunaan vaksin, karena dimaksudkan menahan penyebaran virus mematikan.

Baca Juga

Dilansir di Dawn, Senin (1/2), para cendekiawan dan dokter yang berpartisipasi dalam seminar mencatat, penyakit virus Covid-19 telah membunuh lebih dari 2,22 juta orang di seluruh dunia. Tak hanya itu, tercatat lebih dari 102 juta orang telah terinfeksi virus ini.

“Berdasarkan hal tersebut dan karena sifat bahaya yang dihadapi dunia, risiko yang didalilkan tidak cukup untuk membuat vaksin tidak diizinkan. Paling tidak, vaksin ini telah diresepkan dan diizinkan untuk diterima individu," tulis AJMA dalam dekritnya.

Tak hanya itu, dalam dekrit yang sama, ditulis otoritas kesehatan masyarakat mengemban tugas untuk menyediakan vaksin bagi masyarakat. Keberadaan vaksin membawa keuntungan dan perlindungan bagi manusia.

Baca juga : Joe Biden Terima Pengarahan Soal Kudeta Militer Myanmar

AJMA, yang menjadi wadah cendekiawan Islam dari berbagai negara Muslim, mencatat satu-satunya cara menghentikan pandemi ini adalah mencapai kekebalan kelompok. Untuk mencapai kondisi ini, harus sekitar 70 persen masyarakat memiliki kekebalan.

Dekrit tersebut juga menjelaskan, untuk mencapai tingkat kekebalan ini dapat dicapai melalui salah satu dari dua cara. Dua cara yang dimaksud adalah membiarkan infeksi menyebar tanpa membatasinya atau memvaksinasi orang untuk melawan virus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement