Senin 01 Feb 2021 09:39 WIB

Dukungan Pariwisata untuk UMKM Hingga Tenaga Kesehatan

aat ini sudah ada program perlindungan sosial bagi UMKM.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19, dukungan diberikan untuk UMKM hingga tenaga kesehatan. Sandiaga mengatakan saat ini 60 persen ekonomi Indonesia ditopang oleh UMKM.

“Kali ini UMKM dalam kondisi sangat prihatin lebih dari 50 persen UMKM kita terdampak pandemi bahkan secara negatif sampai ke dampak yang ekstrem,” kata Sandiaga dalam diskusi virtual bersama Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), Ahad (31/1) malam.

Baca Juga

Dia menuturkan, saat ini sudah ada program perlindungan sosial bagi UMKM. Mulai 2021, kata Sandiaga, UMKM akan coba kita didik dengan program yg memberdayakan sampai dengan desa wisata.

“Ada satu gerakan, kami sedang menggagas pasukan cokelat karena banyaks ekali fasilitas dan destinasi wisata kita ini di tengah pandemi tidak terawat. Pasukan ini bida menjadi sesuatu untuk memberdayakan, membuka peluang usaha, dan kerja bagi masyarakat,” jelas Sandiaga.

 Selain itu, Sandiaga mengatakan, dukungan industri pariwisata juga dilakukan untuk merespons kepedulian terhadap para tenaga kesehatan. “Ini kita lagi bentuk dukungan industri pariwisata untuk tenaga kesehatan dan program bantuan pokok dalam bantuan kerja sama dengan kemensos dan lembaga lain,” jelas Sandiaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement