Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Babak Pertama, Azpilicueta Bawa Chelsea Unggul Atas Burnley

Ahad 31 Jan 2021 20:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

 Pelatih kepala baru Chelsea Thomas Tuchel berbicara dengan Cesar Azpilicueta

Pelatih kepala baru Chelsea Thomas Tuchel berbicara dengan Cesar Azpilicueta

Foto: AP Photo / Frank Augstein
Thomas Tuchel mengincar kemenangan perdana sebagai pelatih Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea sementara unggul 1-0 atas tamunya Burnley pada pertandingan pekan ke-21 Liga Primer Inggris di Stadion Stamford Bridge, Ahad (31/1) malam WIB. Gol keunggulan the Blues dicetak oleh Cesar Azpilicueta pada menit ke-40.

Gol ini merupakan yang pertama di cetak Chelsea dibawah asuhan pelatih baru mereka Thomas Tuchel. Menerima lawatan Burnley di Stadion Stamford Bridge, Chelsea mengincar raihan poin penuh. Selain untuk bisa memperbaiki posisi di papan klasemen sementara, the Blues bertekad untuk kembali ke jalur kemenangan usai gagal memetik di dua laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris. 

Baca Juga

Selain itu, ini juga menjadi laga kedua Tuchel sejak resmi menggantikan Frank Lampard di kursi pelatih Chelsea pada awal pekan lalu. Di laga debutnya menukangi Chelsea, Tuchel gagal memetik kemenangan usai ditahan imbang Wolves, 0-0, tengah pekan lalu. 

Alhasil, buat Tuchel, kemenangan di laga ini cukup penting untuk membuktikan kemampuannya dalam membawa the Blues bangkit. Namun, Chelsea justru kesulitan untuk membongkar pertahanan tim tamu. Meski unggul penguasaan bola hingga mencapai 63 persen, Si Biru tidak mampu membuka catatan gol di laga ini. 

Tidak hanya itu, dari segi serangan, Chelsea juga tampil dominan atas tim tamu. Total, Chelsea mampu mencatatkan 10 tembakan dengan empat tembakan tempat ke arah gawang. Kendati begitu, tembakan para penggawa The Blues ini masih mampu dihalau oleh kiper Burnley, Nick Pope. 

Timo Werner, yang tampil sebagai starter di laga ini, sempat melepaskan sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-47. Namun, bola sepakan Werner ini masih dengan mudah ditangkap oleh Pope. 

Tiga menit pasca peluang Werner ini, Chelsea akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Adalah bek kanan sekaligus kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari serangan cepat, yang diinisiasi Mason Mount, Azpilicueta melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. 

Azpilicueta memanfaatkan sodoran umpan dari Callum Hudson-Odoi. Bola sepakan bek asal Spanyol itu bersarang di pojok kiri atas gawang Burnley. Tim tamu pun menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol atas The Clarets

Susunan Pemain: 

Chelsea (3-4-2-1) 

Pelatih: Thomas Tuchel 

Kiper: Mendy, Belakang: Azpilicueta, Rudiger, Silva, Tengah: Alonso, Jorginho, Kovacic, Hudson-Odoi; Mount, Werner, Depan: Abraham. 

Burnley (4-4-2) 

Pelatih: Sean Dyche 

Kiper: Pope Belakang: Pieters, Mee, Tarkowski, Lowton Tengah: McNeill, Cork, Westwood, Brady Depan: Wood, Vydra 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA