Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

3 Cara Santap Pisang untuk Kendalikan Berat Badan

Ahad 31 Jan 2021 15:04 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Pisang (ilustrasi).

Pisang (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Sebagian orang menghindari konsumsi pisang karena kaya karbohidrat dan kalori.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbeda dengan anggapan awam, pisang sebenarnya tidak menyebabkan kegemukan. Faktanya, pisang justru salah satu buah paling sehat yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan berat badan dengan cara tertentu.

Buah kuning ini kaya nutrisi, termasuk vitamin dan mineral esensial. Pisang juga tinggi serat dan rendah lemak, sehingga menjadi kudapan tepat untuk mengurangi rasa lapar ketika seseorang sedang dalam program diet.

Akan tetapi, pisang kaya karbohidrat dan kalori sehingga sebagian orang menghindarinya. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat, serta rendah kandungan protein.

Padahal, dengan cara yang tepat dalam mengonsumsinya, pisang bisa menjadi memberikan manfaat kesehatan sekaligus membantu menekan berat badan. Berikut tiga cara yang dianjurkan, dilansir di laman Times of India, Ahad (31/1):

1. Oatmeal pisang untuk sarapan

Aturan tidak melewatkan waktu sarapan sangat penting, baik untuk orang yang sedang mengendalikan bobot maupun tidak. Makan pada pagi hari amat krusial setelah tubuh tidak mendapat asupan makanan sekitar 10-12 jam di malam hari.

Opsi sarapan dengan oatmeal pisang menjadi pilihan baik dan juga lezat. Kombinasi itu memberikan santapan menu kaya protein, serat, pati, serta kalium. Menu ini membuat perut kenyang lebih lama dan memberikan energi instan.

2. Pisang dengan selai kacang

Banyak pakar percaya pisang adalah kudapan pas untuk disantap sebelum dan sesudah berolahraga. Karena kaya glukosa, pisang memberikan asupan energi untuk sesi latihan fisik yang intens dan menguras tenaga.

Kalium di dalam buah ini membantu mencegah kram dan cedera otot pascalatihan, selain membantu mempercepat pemulihan otot. Karena pisang rendah protein, imbangi dengan menyantap segenggam kacang atau dioles dengan selai kacang.

3. Buat smoothie pisang

Penelitian yang terbit dalam jurnal Nutrition & Metabolism telah membuktikan bahwa kandungan pati dalam pisang bisa membantu meningkatkan metabolisme. Muatan kaliumnya pun dapat mengatur perpindahan nutrisi ke dalam sel.

Pisang mentah mengandung paling banyak pati, sehingga paling baik disantap dalam kondisi demikian. Karena akan terasa agak pahit, pisang mentah itu bisa disulap jadi smoothie dengan tambahan madu dan kacang-kacangan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA