Ahad 31 Jan 2021 13:45 WIB

KPM Tingkatkan Kemampuan MIPA Guru SD Lewat Pelatihan Gratis

Pelatihan MNR dan SNR akan dimulai pada tanggal 3 Februari 2021.

Sebagai   upaya   menyiapkan   SDM   guru   yang   siap   menghadapi   tantangan   tersebut, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan menggelar Pelatihan Online Guru SD Matematika/Sains Nalaria Realistik. Acara yang digagas Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si akan berlangsung setiap hari Selasa selama satu semester.
Foto: istimewa
Sebagai upaya menyiapkan SDM guru yang siap menghadapi tantangan tersebut, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan menggelar Pelatihan Online Guru SD Matematika/Sains Nalaria Realistik. Acara yang digagas Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si akan berlangsung setiap hari Selasa selama satu semester.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Tidak pernah tercatat dalam sejarah, bahwa  kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dari rumah dengan mengandalkan gawai. Para guru harus beradaptasi dengan cepat, beralih menggunakan teknologi, mengubah metode belajar,dan paling utama adalah meningkatkan kompetensi agar peserta didiknya bisa terusmengenyam pendidikan yang terbaik. 

Sebagai   upaya   menyiapkan   SDM   guru   yang   siap   menghadapi   tantangan   tersebut, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan menggelar Pelatihan Online Guru SD Matematika/Sains Nalaria Realistik. Acara yang digagas Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si akan berlangsung setiap hari Selasa selama satu semester. 

Ina Ana Khoeriah selaku Wakil Kepala Litbang KPM menjelaskan metode MNR & SNR penting di   miliki guru  untuk   mentransfer dan   meningkatkan kemampuan  siswa  agar berpikir nalar. “Berpikir nalar itu sangat penting untuk penguatan konsep siswa dalam pembelajaran Matematika dan IPA. Siswa yang nalarnya terasah akan lebih mampu memecahkan masalah dalam berbagai aspek bidang studi dan mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari, sehingga akan mampu menghasilkan produk, berproses dan berpikir ilmiah dalam memecahkan masalah,” jelas Ina.

Selain itu, dalam proses pembelajaran, Ina memandang perlu daya kompetisi dalampendidikan agar terjaring guru dan siswa yang berkualitas. “Materi yang akan diberikan adalah materi-materi yang terdapat pada silabus KSN/KSM terbaru. Sehingga guru  mampu mengajarkan  metode Matematika/Sains Nalaria Realistik (MNR dan SNR) untuk siswa dalam memecahkan soal sesuai materi yang akan diajarkan danmemiliki daya saing untuk menghadapi kompetisi Matematika maupun IPA,” imbuhnya.

Pelatihan   MNR   dan   SNR   akan   dimulai   pada   tanggal   3   Februari   2021.   Adapun pendaftaran   terakhir   tanggal   31   Januari   2021.   Para   peserta   yang   ingin   mengikuti kegiatan pelatihan ini cukup bayar pakai doa (gratis) dalam setiap pertemuan. Segera daftarkan diri Anda melalui www.kpm.read1institute.org. Informasi selengkapnya silakanhubungi 0812.8188.2562.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement