Ahad 31 Jan 2021 14:26 WIB

Lukisan Masterpiece Karya Botticelli Terjual Rp 1,3 T

Lukisan bertajuk Young Man Holding a Roundel menjadi lukisan termahal Botticelli.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Lukisan bertajuk Young Man Holding a Roundel menjadi lukisan dengan harga jual tertinggi karya Botticelli.
Foto: Sotheby via cnn
Lukisan bertajuk Young Man Holding a Roundel menjadi lukisan dengan harga jual tertinggi karya Botticelli.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lukisan klasik karya pelukis renaisans Italia, Sandro Botticelli, terjual di lelang seharga 92 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun. Lukisan bertajuk Young Man Holding a Roundel itu menjadi lukisan dengan harga jual tertinggi karya Botticelli.

Young Man Holding a Roundel diyakini telah dilukis pada tahun 1470-an atau 1480-an. Ini dinilai sebagai salah satu potret terbaik Botticelli dan menjadi penjualan masterpiece di lelang Sotheby Masters Week di New York.

Baca Juga

“Ini adalah karya yang melampaui waktu dan kategori. Sekarang kami benar-benar tahu harga dari sebuah keindahan," kata George Wachter, wakil ketua master lukisan lama di Sotheby.

Lukisan Young Man Holding a Roundel berukuran 58 sentimeter kali 39 sentimeter, menunjukkan seorang pria di akhir masa remajanya dengan rambut pirang gondrong duduk memegang disc yang menampilkan seorang suci berjanggut.

Roundel, yang menggambarkan orang suci dengan tangan kanan terangkat, adalah karya seni asli abad ke-14 yang dikaitkan dengan pelukis Sien, Bartolommeo Bulgarini. Sejarawan seni pun menduga, Botticelli tengah menggambarkan seorang bangsawan yang bangga memamerkan karya seni sebelumnya.

"Gambar ini melambangkan dan mencontohkan Renaisans di Florence. Kami belum pernah melihat yang seperti itu seumur hidup saya. Ini adalah sebuah mahakarya," kata Christopher Apostle, wakil presiden senior Sotheby, seperti dilansir The Straits Time pada Jumat (29/1).

Lelang yang berlangsung dan disiarkan secara virtual ini mengalami penawaran yang sengit antara perwakilan Sotheby di New York dan London. Akhirnya, lukisan jatuh kepada pembeli dari London.

Sotheby mengatakan harga asli lelang sebenarnya sebesar 80 juta dolar AS, namun jika ditambah provisi dan komisi menjadi total 92,2 juta AS. Harga ini menjadikan karya tersebut sebagai salah satu potret paling signifikan yang pernah dijual di lelang.

Ini menjadi lukisan master tua paling berharga kedua yang pernah dilelang setelah "Salvator Mundi" karya Leonardo da Vinci dijual seharga 450,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,3 triliun pada penjualan Christie pada tahun 2017.

“Young Man Holding a Roundel” diwariskan melalui beberapa generasi dari keluarga bangsawan di Wales selama sekitar 200 tahun. Para ahli seni tidak menyadari keberadaan lukisan itu sampai lukisan itu pertama kali muncul di pasar pada awal abad ke-20.

Lukisan ini dinilai sama pentingnya dengan Portrait of a Man with a Medal of Cosimo the Elder dan Portrait of Giuliano de’ Medici karya Botticelli.

Botticelli yang hidup sekitar tahun 1440-an hingga 1510 adalah salah satu pelukis paling terkenal di awal periode Renaisans. Namun sayang, hanya sekitar belasan lukisannya yang bertahan hingga saat ini. Karyanya yang paling terkenal adalah The Birth of Venus dan Primavera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement