Ahad 31 Jan 2021 07:16 WIB

10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan terus mengalir. Melihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.

Apalagi melihat beragamnya jenis makanan ringan di Indonesia mulai dari keripik, gorengan, dimsum yang dijual dengan berbagai variasi harga. Membuat peluang bisnis makanan ringan ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru akan memulai bisnis ini.

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan peluang usaha di bidang kuliner makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan matang, perencanaan, serta melakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

 

Kunci Sukses Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap, ditambah makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya:

1. Makanan Ringan Mempunyai Kualitas Bagus

Makanan ringan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya goreng lah camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah makanan ringan yang sudah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

2. Inovasi Produk dan Pemasaran

Pemenang bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan berbeda sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi, tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.

3. Ciptakan “Relationship” dengan Pelanggan

Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli  Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan sekadar kata-kata sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu, manfaatkan media sosial untuk membranding makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain serta meningkatkan penjualan.

4. Strategi Penjualan yang Cocok dengan Segmen Pasar

Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, karena itu sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Seperti: memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

5. Visioner, Think Big, Think Positif

Selalu berpikir ke depan dan menyeluruh serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran pebisnis. Dalam menjalankan bisnis dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berpikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.

Setelah Anda mengetahui kunci sukses berbisnis makanan ringan, kini saatnya  Anda mencari ide usaha makanan ringan apa saja yang bisa Anda lakukan. Simak uraian lengkap berikut ini:

Ide Usaha Makanan Ringan Modal Kecil

Beraneka jenis makanan ringan, baik tradisional maupun modern banyak dijajakan setiap hari di pinggir jalan, taman, pasar, supermarket, restoran, dan tempat lainnya. Bisnis ini merupakan bisnis yang fleksibel secara modal, karena modal yang dibutuhkan sesuai jenis produk yang dijual. Anda ingin memulai usaha makanan, namun bingung mau usaha makanan ringan apa. Berikut ini 10 contoh ide usaha makanan ringan yang dapat dijalankan dengan modal kecil dan memiliki prospek yang bagus:

1. Kedai Kopi

 kopi

Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, yang telah berkembang pesat, sehingga terdapat banyak jenis minuman kopi, misalnya saja kopi luwak yang terkenal enak dan memiliki cita rasa khas. Usaha ini membutuhkan modal yang kecil, tergantung besar kecilnya usaha, seperti: angkringan, warung kopi, atau café. Contoh untuk usaha angkringan, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun memiliki prospek yang cukup bagus, sehingga tidak mengherankan kini banyak tumbuh angkringan baru.

2. Aneka Minuman Dingin

Minuman dingin merupakan jenis minuman yang banyak disukai orang, seperti ice cream, puding, es teh, es susu, minuman boba dan masih banyak lagi. Usaha ini sangat cocok dilakukan pada siang hari, didaerah yang panas, baik di sekitar taman maupun sepanjang jalan. Konsumen minuman dingin membidik semua umur, mulai anak kecil hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah.

3. Aneka Jus

Bisnis satu ini memang tidak harus memiliki keterampilan khusus. Membuat jus sangat mudah, bahkan untuk variasinya banyak terdapat di internet. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, waktu yang efektif untuk menjual jus adalah antara siang hingga sore hari, karena pada malam hari konsumen jus akan berkurang.

4. Bubur Kacang Hijau

Sebagian besar orang suka makan bubur kacang hijau, sehingga bubur kacang hijau merupakan bubur favorit. Selain kandungan gizi yang komplit dan tinggi, membuat bubur kacang hijau juga tidak sulit. Bubur kacang hijau dapat dijual di sekitar kampus, sekolah, pabrik, atau berjualan di pinggir jalan.

Baca Juga : Tips Usaha Kuliner yang Bikin Laris dan Untung

5. Roti Bakar 

roti bakar

Roti Bakar

Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi keju, dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat di bagian tengah atau susu dan ceress, serta selai rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.

6. Aneka Pepes

Pepes merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beraneka bahan, seperti ikan laut yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dipanggang atau dikukus. Saat ini pepes banyak dijual di restoran dan warung makan. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, Anda dapat menjual pepes dengan kemasan yang menarik untuk menarik konsumen.

7. Tahu Kremes

Tahu kremes merupakan tahu yang di luarnya dilapisi tepung garing, tahu ini memiliki banyak sebutan, seperti: tahu kress, jeletot, goyang lidah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tahu ini merupakan jenis makanan ringan yang banyak disukai, mulai anak-anak sampai dewasa, sehingga tahu merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek usaha yang sangat bagus.

8. Gorengan

Gorengan merupakan makanan ringan yang tidak ada matinya dan selalu diminati oleh semua orang. Adapun untuk jenis atau macam gorengan apa yang dijual, antara lain: tempe goreng, tahu, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, dan masih banyak lagi contoh gorengan yang lain.

9. Singkong Keju

singkong keju

Singkong keju

Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya namun bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang simple dan proses pembuatannya cukup sederhana. Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi Anda sendiri. 

10. Aneka Keripik

Jenis bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, melihat banyak sekali peminat keripik namun tidak banyak penyedia jenis makanan ini. Anda dapat menjual berbagai jenis kripik seperti : keripik kentang, keripik pisang aneka rasa, keripik singkong, dan sebagainya sesuai inovasi penjual.

Baca Juga : 7 Ide  Bisnis Makanan Fusion Unik yang Dijamin Laris Manis

11. Kebab

Kebab merupakan salah satu makanan ringan asal Turki yang disukai semua kalangan, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Biasanya kebanyakan orang akan mengincar kebab pada sore hingga malam hari untuk dijadikan camilan malam. Nah, peluang usaha berjualan kebab sangat menjanjikan. Anda tidak perlu repot-repot mencari atau membeli berbagai bahan-bahan dan peralatan kebab, sebab sekarang ini sudah banyak franchise kebab yang sudah satu paket dengan harga yang sangat terjangkau.

12. Dimsum

Dimsum

Saat ini dimsum bukan hanya tersedia di resto atau rumah makan korea saja, tapi Anda juga bisa berjualan berbagai jenis dimsum, mengingat banyak pecinta dimsum mulai dari isi daging, ayam, udang dan sebagainya. Dimsum ini juga bisa Anda jual langsung dikonsumsi atau frozen. Jangan lupa sediakan berbagai macam saos yang cocok dengan dimsum.

13. Aneka Olahan Pisang

Pisang menjadi salah satu buat favorit semua orang dan ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Agar usaha berbahan pisang ini diincar banyak pembeli, Anda bisa menjual berbagai macam olahan pisang. Misalnya saja, pis cok atau pisang coklat alias pisang yang dibalut kulit lumpia kemudian ditaburi coklat kemudian di goreng. Selain itu, pisang nugget dengan berbagai varian rasa dan masih banyak lagi.

Jangan Takut Mencoba

Apapun bisnis yang Anda pilih akan selalu ada tantangan saat  memulainya, jadi jangan pernah takut mencoba. Karena tidak sedikit pelaku usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner. Namun mereka nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha di bidang kuliner cukup menggiurkan. Jadi jangan pernah takut mencoba ya teman cermat, karena akan selalu ada yang pertama untuk setiap hal baru.

Baca Juga : 6 Tips Sukses Membangun Usaha Frozen Food dari Nol. Yuk, Dicoba!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement