Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

AC Milan Aman di Puncak Serie A Usai Bekuk Bologna

Sabtu 30 Jan 2021 22:58 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) beraksi saat melawan Bologna.

Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) beraksi saat melawan Bologna.

Foto: EPA-EFE/GIORGIO BENVENUTI
AC Milan menaklukkan Bologna 2-1 di Stadion Renato Dall'Ara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOLOGNA -- Melalui pertandingan yang cukup menguras tenaga AC Milan akhirnya berhasil mencuri tiga angka saat berkunjung ke markas Bologna pada lanjutan pekan ke-20 Serie A Liga Italia 2020/2021, yang berlangsung di Stadion Renato Dal'Ara, Sabtu (30/1) malam WIB.

Masing-masing gol i Rossoneri dicetak Ante Rebic menit ke-26, dan penalti Franck Kessie menit ke-55. Sedangkan gol penghibur tuan rumah hadir melalui Andrea Poli menit ke-82.

Kemenangan ini sekaligus memperlebar jarak angka Milan dengan Inter Milan di posisi kedua klasemen Serie A menjadi lima angka. Milan sementara bertahan di peringkat satu dengan koleksi 46 poin.

Baca Juga

Adapun untuk Bologna ini merupakan kekalahan kedua mereka secara beruntun. Hasil ini membuat mereka tertahan di posisi 13 dengan perolehan 20 poin dari lima kemenangan, lima imbang, dan 10 kekalahan.

Pelatih Milan Stefano Pioli kembali memasang skema andalan 4-2-3-1. Zlatan Ibrahimovic kembali menjadi tumpuan lini gedor i Rossoneri dibantu Ante Rebic, Rafael Leao, dan Alexis Saelemaekers.

Skema yang sama juga diperlihatkan Sinisa Mihajlovic untuk meredam permainan taktis yang diperagakan Milan.

Kedua tim saling jual beli serangan sejak babak pertama dimulai. Baik Milan dan Bologna menerapkan permainan terbuka dengan mengandalkan pergerakan dua pemain sayap.

Milan hampir memimpin pada menit ke-12 saat Theo Hernandez melepaskan sepakan melengkung dari sisi kanan dengan kaki kirinya menuju tiang jauh. Bola bisa ditepis kiper Lukasz Skorupski dan mengenai mistar.

Setelah beberapa kesempatan Milan membuka skor gagal, peluang emas tercipta pada menit ke-24 saat bek Mitchell Dijks menarik jersey Rafael Leao di dalam kotak penalti. Wasit Daniele Doveri menunjuk titik putih setelah melalui VAR dan menunjuk titik putih.

Para pemain Bologna bereaksi, tapi Doveri bergeming. Saat argumentasi berlangsung, Zlatan Ibrahimovic sudah bersiap menjadi eksekutor di titik putih. Dua menit berselang, penalti diambil oleh Ibrahimovic. Bola diarahkan ke kiri bawah, tapi bisa dibaca Skorpuski. Untungnya Rebic jeli dan sigap menyambar bola liar dan membawa Milan unggul 1-0.

Pertandingan semakin menarik karena Bologna langsung merespons. Tim asuhan Sinisa Mihajlovic kerap merepotkan barisan pertahanan Milan yang dikawal Fikayo Tomori dan Alessio Romagnoli.

Tendangan Riccardo Orsolini hanya menyamping tipis di samping gawang Milan. Kemudian menit ke-39, tendangan Nicola Sansone dari jarak dekat ditahan Donnarumma dengan kaki bagian luarnya.

Berselang semenit, giliran Milan merespons melalui kerja sama tiga pemain. Rebic melepas umpan silang ke gawang ditanduk oleh Ibra yang mencoba mengirim ke Calabria. Sayang bek sayap Milan tersebut melepas tandukan yang ringan dan mudah mendarat di pelukan Skorupski.

Bologna memiliki peluang emas kedua untuk mencetak gol lewat serangan balik tiga lawan dua. Namun upaya Nicolas Dominguez kembali dimentahkan Donnarumma. Skor 1-0 bertahan hingga jeda laga.

 

Memasuki babak kedua...

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA