Sabtu 30 Jan 2021 21:27 WIB

Newcastle United Permalukan Everton di Goodison Park

Dua gol Callum Wilson membawa Newcastle United mengalahkan Everton 2-0.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain Newcastle United Callum Wilson mencetak gol ke gawang Everton.
Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Pemain Newcastle United Callum Wilson mencetak gol ke gawang Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Everton harus menerima pil pahit saat menghadapi Newcastle United pada laga pekan ke-21 Liga Primer Inggris. Everton takluk 0-2 dari tamunya di Goodison Park, Liverpool, Sabtu (30/1). Gol kemenangan Newcastle diborong Callum Wilson.

Kemenangan ini tak membuat posisi Newcastle di peringkat 16 beranjak. Namun, dengan koleksi 22 poin, the Magpies menjaga jarak dari batas atas zona degradasi yang ditempati Fulha, menjadi sembilan angka. Tiga poin ini penting karena Fulham baru menjalani 19 pertandingan sehingga berpeluang menyeret Newcastle ke zona merah. Kemenangan juga memberikan suntikan moral bagi Newcastle yang sudah sembilan laga beruntun tak pernah menang di liga.  

Baca Juga

Sedangkan kekalahan bagi Everton menyakitkan. Sebab, kesempatan untuk menembus posisi lima besar gagal. The Toffees saat ini berada di peringkat ketujuh dengan nilai 33 tertinggal empat angka dari zona Liga Champions yang ditempati Liverpool. Ini kegagalan kedua Everton beruntun memetik kemenangan seteah sebelumnya ditahan imbang Leicester City 1-1.

Jalannya laga

Bermain di markas sendiri the Toffees langsung menyengat pertahanan tamunya Newcastle. Percobaan pertama Everton hadir pada menit kelima melalui bek tengah Yerry Mina. Tandukan Mina dari bagian tengah kotak 16 pas melalui situasi bola mati masih melebar ke atas gawang kiper Newcastle, Karl Darlow.

Pertandingan berjalan cukup ketat, baru memasuki pertengahan babak, dua kartu kuning sudah diberikan kepada pemain Newcastle, Jamaal Lascelles dan Jonjo Shelvey.

Gelandang serang Everton, James Rodriguez menjadi motor serangan tim besutan Carlo Ancelotti. Pesepak bola asal Kolombia kerap melepas umpan-umpan akurat langsung ke dalam kotak penalti lawan.

Pada menit ke-22 giliran penyerang Richarlison mencoba peruntungannya. Pemain asal Brasil melepas tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti ke sudut bawah kanan gawang Karl Darlow. Sayang bola masih bisa diblok kiper.

Memasuki menit ke-30 Everton total melepas lima tembakan dengan dua tembakan mengarah tepat ke gawang Newcastle. Sementera Newcastle melayangkan empat gol dengan hanya satu tembakan mengarah langsung ke gawang Jordan Pickford.

Tekanan dari Everton membuat lini belakang Newcastle kerepotan. Gelandang bertahan Isaac Hayden bahkan sampai melakukan tekel keras terhadap James Rodriguez, akan tetapi wasit tak menilai sebagai pelanggaran.

Hingga memasuki menit ke-40 tuan rumah mampu menguasai jalannya laga dengan penguasaan bola 54 persen berbanding 46 persen.

Sebelum peluit istirahat berbunyi Rodriguez mendapat kesempatan untuk merobek gawang Newcastle lewat tendangan bebas. Namun, kiper Karl Darlow dengan sigap melakukan penyalamtan dengan menepis bola keluar gawang. Skor kacamata pun bertahan.

Pelatih Newcastle Steve Bruce melakukan beberapa pergantian pemain pada interval kedua. Ryan Fraser meninggalkan lapangan untuk digantikan oleh Allan Saint-Maximin dalam pergantian taktis menit ke-67.

Upaya tersebut membuahkan hasil, meski kerap mendapatkan tekanan, Newcastle justru sukses memecah kebuntuan pada menit ke-73 melalui Callum Wilson.

Gol berawal operan sepak pojok Jonjo Shelvey ke depan gawang yang langsung disamber oleh tandukan Callum Wilson. Richarlison yang berdiri di dekat Wilson telat bereaksi.

Everton yang tertinggal satu gol mencoba melakukan tekanan. Gylfi Sigurdsson melepas peruntungan lewat tembakannya dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih bisa ditepis oleh kiper Newcastle.

Petaka kembali terjadi untuk tuan rumah. Waktu tambahan selama enam menit berhasil dimaksimalkan oleh Newcastle. Wilson kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ketiga injury time. Skor 2-0 terpampang di papan skor Goodison Park saat laga berakhir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement