Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Kosovo akan Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Sabtu 30 Jan 2021 16:49 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya

Bendera Israel dikibarkan. Kosovo akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel pada 1 Februari mendatang.

Bendera Israel dikibarkan. Kosovo akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel pada 1 Februari mendatang.

Foto: Reuters
AS turut berperan dalam tercapainya pembukaan hubungan diplomatik Kosovo-Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, PRISTINA -- Kosovo akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel pada 1 Februari mendatang. Amerika Serikat (AS) turut berperan dalam tercapainya hal tersebut.

Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Kosovo pada Jumat (29/1), peresmian hubungan diplomatik dengan Israel akan dilakukan melalui upacara virtual. Menteri Luar Negeri (Menlu) Kosovo Meliza Haradinaj-Stublla dan Menlu Israel Gabriel Ashkenazi bakal menandatangani dokumen sebagai tanda dibukanya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Baca Juga

"Pengakuan oleh Israel adalah salah satu pencapaian terbesar bagi Republik Kosovo yang dimungkinkan berkat teman sekutu seumur hidup kami, AS. Ini adalah pelestarian persahabatan panjang antara masyarakat kami," kata Kemlu Kosovo, dikutip laman i.

Pada September tahun lalu, para pemimpin Serbia dan Kosovo melakukan pertemuan di Gedung Putih. Mantan presiden AS Donald Trump kemudian mengumumkan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk memulihkan hubungan ekonomi.

Selain itu, Kosovo pun menyatakan setuju untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Sementara Serbia mengumumkan rencana pemindahan kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Tahun lalu, terdapat empat negara Muslim yang melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel, yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko. AS berperan dalam semua proses mediasi antara para pihak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA