Sabtu 30 Jan 2021 16:43 WIB

Vaksin Sama Pentingnya dengan Olahraga dan Makan Sehat

Vaksin adalah teknologi yang bantu tubuh menjadi kebal secara aman.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari
Vaksin Covid-19
Foto: Anadolu Agency
Vaksin Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi 70 persen penduduk Indonesia atau sekitar 181 juta orang dalam waktu setahun. Selain mengimbau masyarakat untuk mau divaksinasi, Pemerintah juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Anggota Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI, dr. Sukamto Koesnoe, vaksin ini sama pentingnya untuk kesehatan. Kadar kepentingannya sama seperti makan sehat dan berolahraga saat pandemi.

Baca Juga

"Vaksin itu aman dan efektif. Vaksin adalah teknologi yang diharapkan akan membuat orang kebal tetapi aman," ujar dr Sukamto dalam Webinar Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit, Sabtu (30/1).

Ia memaparkan bahwa dengan pemberian vaksin diharapkan akan tumbuh sempurna kekebalan yang persis seperti keadaan di saat tubuh terinfeksi. Perbedaannya, kalau terinfeksi tubuh bisa sakit, dan tiga persen yang terjangkit virus corona bisa sakit dan meninggal.

Dalam segitiga epidemiologi, jelasnya, terdapat tiga hal yang mempengaruhi yaitu lingkungan, jumlah virus dan kondisi inang dan penular (jaga jarak dan kekebalan tubuh). Vaksin memang memberikan kekebalan, tetapi faktor-faktor lainnya juga mempengaruhi apakah seseorang dapat terjangkit Covid atau tidak.

Sukamto menjelaskan, apabila virus banyak yang masuk, lalu virulensi atau keganasannya juga banyak, maka tubuh tetap bisa terjangkit penyakit.

Faktor-faktor lain pun seperti lingkungan dan kondisi inang atau penular lalu turut menjadi sangat penting. "Maka kita harus tetap memakai masker, jumlahnya virusnya dikurangi, untuk tetap cuci tangan dan tidak tinggal di tempat tertutup, sehingga lingkungan, virus, setting inang atau penular amat sangat penting, jadi tidak cukup dengan vaksin saja," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin juga menekankan agar masyarakat mau divaksinasi. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk membantu masyarakat sekitarnya.

Vaksinasi ini tujuannya untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity), 70 persen dari rakyat Indonesia di atas 18 tahun diharapkan memiliki kekebalan karena vaksin. "Akibatnya virusnya tidak bisa menular, dengan demikian penularan virus bisa dikurangi, epideminya bisa dihilangkan," kata Menkes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement