Ahad 31 Jan 2021 07:29 WIB

Sekolah Ma'arif: Komitmen NU di Dunia Pendidikan Sukabumi

Sekolah Ma'arif dan komitmen NU di dunia pendidikan Sukabumi

Rep: riga nurul iman/ Red: Muhammad Subarkah
SMK Maarif NU Al-Fathonah di Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Foto: Riga Nurul Iman
SMK Maarif NU Al-Fathonah di Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) akan berulang tahun yang ke-95 pada 31 Januari 2021. Sudah banyak aksi dan gerakan yang telah dilakukan NU untuk kemaslahatan agama dan bangsa.

Salah satunya bidang pendidikan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum bukan hanya oleh kalangan Nahdliyin. Hal ini misalnya di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan hadirnya SMK Maarif NU Al-Fathonah di Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Sekolah tersebut berada di bawah naungan NU. '' Sejak awal berdiri hingga sekarang ini perhatian NU kepada dunia pendidikan sangat tinggi,'' ujar Kepala Sekolah SMK Maarif NU Al-Fathonah Sukabumi, Daden Sukendar kepada Republika, Sabtu (30/1).

Awalnya NU mengembangkan pada lembaga pendidikan pondok pesantren. Namun dengan adanya tuntutan perkembangan zaman tidak hanya pendidikan bersifat tradisional pesantren, melaoinkan mencoba kolaborasikan dengan pendidikan modern.

Intinya kata Daden, perhatian NU sangat baik karena komitmen awal organisasi ini diantaranya pendidikan. Apalagi, sejak awal NU mendorong pesantren karena sebagai soko guru pendidikan di Indonesia sebelum ada klasikal sekolah. Di mana pesantren satu-satunya lembaga pendidikan sebelum Indonesia merdeka.

Seiring zaman kata Daden, NU menyesuaikan kebutuhan terutama di era revolusi industri 4.0 harus terus mengembangkan dan menggali potensi untuk dikembangkan. NU mempunyai jargon yakni mempertahankan nilai-nilai utama yang baik dan menggali nilai baru yang lebih baik sesuai kebutuhan zaman.

Daden mencontohkan, SMK Maarif NU Al-Fathonah berada di bawah yayasan sehingga pembiayaan mandiri dari masyarakat. Namun sekarang ada BOS dan provinsi sehingga cukup membantu.

'' Animo warga untuk menempuh pendidikan di sekolah di bawah naungan NU misalnya SMK Maarif Sukabumi cukup tinggi,'' terang Daden, yang juga Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam) PCNU Kabupaten Sukabumi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement