Sabtu 30 Jan 2021 13:52 WIB

Mata Garuda Jawa Barat Gelar Webinar Kelas Inspirasi

Kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk memperkuat jaringan antarsiswa di Jawa Barat.

Para pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat mengikuti  Webinar Kelas Inspirasi yang digelar Ikatan Alumni Beasiswa LPDP atau yang lebih dikenal dengan Mata Garuda Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu (30/1).
Foto: dok MGJawaBarat
Para pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat mengikuti Webinar Kelas Inspirasi yang digelar Ikatan Alumni Beasiswa LPDP atau yang lebih dikenal dengan Mata Garuda Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Ikatan Alumni Beasiswa LPDP atau yang lebih dikenal dengan Mata Garuda Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat menggelar Webinar Kelas Inspirasi dengan mengusung tema “Diskusi Asa Bangunkan Mimpi”, Sabtu (30/1). Webinar yang diikuti siswa-siswi kelas 12 SMA/SMK/MA di Jawa Barat itu menghadirkan dua pemateri, Setia Furqon Kholid seorang Trainer Muda dan Penulis Buku "Jangan kuliah kalau tidak sukses" dan Haykal Kamil seorang publik figur.

Ketua Mata Garuda Jawa Barat, Abdillah mengatakan, Webinar Kelas Inspirasi bertujuan untuk memberikan memotivasi kepada pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. "Dalam webinar ini, Mata Garuda Jawa Barat  memberikan tips dan trik memilih jurusan dan perguruan tinggi yang tepat selepas lulus dari sekolah menengah," ujar Kang Abdillah dalam siaran persnya kepada Republika.co.id, Sabtu (30/1).

Menurut Abdillah, kegiatan webinar ini juga merupakan bagian dari kegiatan pengabdian Mata Garuda Jawa Barat untuk memberikan motivasi dan inspirasi untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA di Jawa Barat. "Kami berharap siswa-siswi dapat memperoleh banyak wawasan dan motivasi dari para pembicara, dan pada akhirnya mereka mampu menentukan tujuan dan cara mencapainya," ungkap alumnus penerima beasiswa LPDP ini.

Ia berharap, setelah mengikuti Webinar Kelas Inspirasi itu, para pelajar bisa mendapatkan motivasi untuk mengejar dan menggapai cita-citanya. Yang terpenting, lanjut Abdillah, para pelajar bisa menentukan jurusan terbaik sesuai minatnya. "Ini penting, sehingga adik-adik ini tidak galau dan salah dalam menentukan masa depannya,” ungkap dosen UIN Bandung itu.

Abdillah pun berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk memperkuat jaringan antarsiswa di Jawa Barat. "Semoga kegiatan ini bisa menjadi tempat untuk adik-adik kita dalam membangun jejaring dan koneksi," kata dia.  Dengan jejaring yang kuat, lanjut dia, para siswa akan mendapatkan banyak kesempatan. 

"Dengan banyak teman, kita akan memperoleh banyak informasi bermanfaat yang berkaitan dengan pendidikan dan beasiswa. Dari pengalaman hidup saya, mendapatkan beasiswa S1 dan S2 bukan dari almamater informasinya, tapi dari beberapa kawan,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kepala Seksi Pengembangan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Oktora, menilai kegiatan tersebut sangat menginspirasi. “Kegiatan ini sangat bagus, terutama untuk menginspirasi adik-adik kita anak SMA, MA dan SMK di Jawa Barat," kata Firman.

Menurutnya, kegiatan yang diinisiasi Mata Garuda Jawa Barat itu sebagai sebuah gerakan yang bagus. Ia berharap agar kegiatan tersebut terus dilakukan dan Mata Garuda Jawa Barat terus berbagi terutama dalam hal-hal kebaikan. 

"Semoga dengan kegiatan ini, Visi Jawa Barat bisa tercapai, mewujudkan Jawa Barat juara lahir batin dengan inovasi dan kolabaorasi. Semoga kegiatan ini yang digagas oleh MG Jabar, bisa melahirkan teman-teman SMA/MA/SMK juara. Menjadi generasi juara untuk Jawa Barat dan Indonesia," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement