Sabtu 30 Jan 2021 12:20 WIB

Harapan dari Dosis Tunggal Vaksin J&J

Studi terhadap vaksin J&J membuktikan efektivitasnya hingga 72 persen di AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Logo perusahaan farmasi Johnson & Johnson yang juga sedang dalam produksi vaksin Covid-19.
Foto: EPA
Logo perusahaan farmasi Johnson & Johnson yang juga sedang dalam produksi vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Vaksin Covid-19 dari laporan Johnson & Johnson (J&J) yang hanya berupa satu suntikan terbukti mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap penyakit.

Penemuan awal raksasa farmasi itu menunjukkan bahwa pilihan dosis tunggal mungkin tidak sekuat formula dua dosis Pfizer atau Moderna. Namun, vaksin dosis tunggal J&J tetap bisa diterima sebagai bentuk perlindungan dari virus corona.

Baca Juga

J&J mempelajari opsi satu dosisnya pada 44.000 orang di AS, Amerika Latin, dan Afrika Selatan. Hasil sementara menemukan suntikan 66 persen efektif secara keseluruhan dalam mencegah Covid-19 sedang hingga parah. Selain itu, dosis pertamanya jauh lebih protektif hingga 85 persen terhadap gejala yang paling serius dengan tidak ada efek samping yang serius.

“Berjudi dengan satu dosis tentu saja bermanfaat,” ujar kepala penelitian global untuk unit Janssen Pharmaceutical J&J, Dr Mathai Mammen.

Bahkan, vaksin bekerja lebih baik di AS dengan 72 persen efektif melawan Covid-19 sedang hingga parah dibandingkan dengan 66 persen di Amerika Latin dan 57 persen di Afrika Selatan, tempat virus mutan yang lebih menular menyebar. Pakar penyakit menular, Dr. Anthony Fauci, menyatakan  perlindungan yang berkurang terhadap mutasi itu adalah peringatan keras.

Semakin banyak virus dibiarkan menyebar, semakin banyak peluang yang dimilikinya untuk bermutasi. Pembuat vaksin sedang mencari cara untuk mengubah bidikan mereka jika perlu. Untuk saat ini, Fauci menyatakan, temuan tersebut adalah insentif untuk memvaksinasi sebanyak mungkin orang.

J&J berencana untuk mencari otorisasi penggunaan darurat di AS dalam waktu seminggu. Perusahaan ini mengharapkan untuk memasok 100 juta dosis ke AS pada Juni dengan satu miliar dosis secara global pada akhir tahun.

Lebih dari 21 juta orang Amerika telah menerima dosis pertama suntikan Pfizer atau Moderna sejak vaksinasi dimulai bulan lalu. Namun, hanya 4 juta yang sudah mendapatkan dosis kedua.

Vaksin AstraZeneca pun dapat digunakan di seluruh Uni Eropa. Keputusan itu diambil di tengah kritik bahwa blok 27 negara tidak bergerak cukup cepat, serta kekhawatiran bahwa tidak ada cukup data untuk memberi tahu seberapa baik vaksin itu bekerja pada orang tua.

Ahli dari Universitas Georgetown dan mantan kepala vaksin Food and Drug Administration (FDA),  Dr Jesse Goodman, mengatakan perlindungan J&J cukup baik untuk membantu serangan pandemi. “Keuntungan memiliki lebih banyak vaksin, dalam satu suntikan, akan menjadi signifikan," katanya.

Peneliti melacak penyakit mulai 28 hari setelah vaksinasi atau kira-kira pada saat peserta mendapatkan variasi dua dosis. Hasilnya tidak seorang pun yang mendapat vaksinasi perlu dirawat di rumah sakit atau meninggal. Ketika orang yang divaksinasi menjadi terinfeksi, mereka menderita penyakit yang lebih ringan.

Semua vaksin Covid-19 melatih tubuh untuk mengenali virus corona baru, biasanya dengan melihat protein berduri yang melapisi itu. Tapi mereka dibuat dengan cara yang sangat berbeda.

Vaksin J&J menggunakan virus flu seperti kuda Troya untuk membawa gen lonjakan ke dalam tubuh. Kondisi ini membuat sel membuat salinan protein yang tidak berbahaya untuk memperkuat sistem kekebalan seandainya virus yang sebenarnya datang. Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan perusahaan dalam membuat vaksin Ebola yang sukses, dilansir dari AP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement