Sabtu 30 Jan 2021 05:58 WIB

Mukjizat-Mukjizat Nabi Musa yang Disebutkan dalam Alquran

Nabi Musa dikaruniai mukjizat yang disebutkan dalam Alquran

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Musa dikaruniai mukjizat yang disebutkan dalam Alquran. Sungai Nil, salah satu landmark Mesir
Foto: Daniel Wewengkang/Republika
Nabi Musa dikaruniai mukjizat yang disebutkan dalam Alquran. Sungai Nil, salah satu landmark Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT memberikan mukzijat kepada Nabi Musa sebagai bukti salah satu ciri-ciri kenabian dan kerasulan. 

Terdapat sejumlah mukzijat yang diberikan kepada Nabi Musa dan diabadikan dalam Alquran yaitu sebagai berikut: 

1.Tongkat berubah menjadi ular 

وَأَنْ أَلْقِ عَصَاكَ ۖ فَلَمَّا رَآهَا تَهْتَزُّ كَأَنَّهَا جَانٌّ وَلَّىٰ مُدْبِرًا وَلَمْ يُعَقِّبْ ۚ يَا مُوسَىٰ أَقْبِلْ وَلَا تَخَفْ ۖ إِنَّكَ مِنَ الْآمِنِينَ “Dan lemparkanlah tongkatmu." Maka ketika dia (Musa) melihatnya bergerak-gerak seakan-akan seekor ular yang (gesit), dia lari berbalik ke belakang tanpa menoleh. (Allah berfirman), "Wahai Musa! Kemarilah dan jangan takut. Sesungguhnya engkau termasuk orang yang aman. (QS Al-Qasas: 31) Selain dalam ayat ini disebutkan juga dalam surat Thaha 17-21.      

2. Tangannya bersinar putih

اسْلُكْ يَدَكَ فِي جَيْبِكَ تَخْرُجْ بَيْضَاءَ مِنْ غَيْرِ سُوءٍ وَاضْمُمْ إِلَيْكَ جَنَاحَكَ مِنَ الرَّهْبِ ۖ فَذَانِكَ بُرْهَانَانِ مِنْ رَبِّكَ إِلَىٰ فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمًا فَاسِقِينَ

"Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, dia akan keluar putih (bercahaya) tanpa cacat, dan dekapkanlah kedua tanganmu ke dadamu apabila ketakutan. Itulah dua mukjizat dari Tuhanmu (yang akan engkau pertunjukkan) kepada Firaun dan para pembesarnya. Sungguh, mereka adalah orang-orang fasik." (QS  Al-Qasas : 32)

3. Menghukum Firaun dengan kekeringan dan wabah

Karena murka Firaun kemudian menyiksa rakyatnya yang beriman dan menjadi pengikut Nabi Musa. Melihat kejahatan keji yang dilakukan Firaun Nabi pun berdoa kepada Allah untuk menghukum dia. Allah mengabulkan doa Nabi Musa yang tertuang dalam Alquran Al-A'raf ayat 130: 

وَلَقَدْ أَخَذْنَا آلَ فِرْعَوْنَ بِالسِّنِينَ وَنَقْصٍ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ “Dan sungguh, Kami telah menghukum Fir'aun dan kaumnya dengan (mendatangkan musim kemarau) bertahun-tahun dan kekurangan buah-buahan, agar mereka mengambil pelajaran.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement