Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

BWA Sinergi dengan TNI Distribusikan Alquran di Papua Barat

Sabtu 30 Jan 2021 05:22 WIB

Red: Irwan Kelana

Badan Wakaf Alquran (BWA) bersinergi dengan TNI AD dan TN AL mendistribusikan Alquran wakaf di wilayah Papua Barat.

Badan Wakaf Alquran (BWA) bersinergi dengan TNI AD dan TN AL mendistribusikan Alquran wakaf di wilayah Papua Barat.

Foto: Dok BWA
Alquran wakaf yang didistribusikan itu berjumlah 40 ribu eksemplar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Wakaf Alquran (BWA) mengirimkan ekspedisi Roadtrip Papua Barat untuk mendistribusikan Alquran wakaf  sejumlah 40 ribu eksemplar.  Perjalanan ini merupakan yang ke-2. Sebelumnya, pada  tahun 2019, BWA  melakukan distribusi Alquran wakaf ke Papua  sejumlah 20 ribu eksemplar.

Menariknya dari roadtrip kali ini adalah adanya dukungan TNI AD dan TNI AL dalam perjalanan distibusi Alquran wakaf ini.

Siaran pers BWA yang diterima Republika.co.id, Jumat (29/1) menyebutkan, pada  Rabu (27/1), BWA mengunjungi Markas Pangkalan TNI AL di Sorong dan melakukan penyerahan simbolis Alquran  wakaf. Alquran wakaf itu diserahkan langsung oleh CEO BWA, Heru Binawan kepada Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos  SE.

“Alquran ini adalah kitab suci dan pedoman hidup umat Muslim termasuk parajurit TNI AL yang beragama Islam. Alquran ini untuk memotivasi prajurit, agar lebih semangat membaca Alquran. Alquran ini  akan kami distribusikan ke masjid seputaran komplek TNI AL atau mushala di Kota Sorong dan Satuan di bawah jajaran Lantamal XIV. Diharapkan bantuan wakaf ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya,” kata Danlantamal.

photo
BWA berkoordinasi dengan TNI setempat untuk menyalurkan Alquran wakaf di wilayah Papua Barat.  (Foto: Dok BWA)
Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Markas Komando Pasmar 3.  Di sini pun  tim BWA melaksanakan penyerahan simbolis Alquran wakaf ke Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi yang diwakili oleh Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel (Mar) Agung Trisnanto untuk menerima penyerahan secara simbolis.

Wadan Pasmar 3 berharap  kegiatan ini dapat terus mempererat tali silaturahim  dan kerja sama serta sinergi antara BWA dengan seluruh prajurit Pasmar 3. Ia pun berharap, ke depannya kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat terus ditingkatkan. “Semoga Alquran wakaf ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan prajurit Pasmar 3 yang beragama Islam,”  tuturnya.

Untuk melengkapi perjalanan ini, tim  BWA juga menyambangi Korem 181 Praja Vira Tama  untuk melaksanakan simbolis kepada Komandan Korem Brigjen TNI Indra Heri  SE. 

“Insya Allah Alquran  ini akan dibagikan di bawah wilayah tugas kami  khususnya di daerah terpencil Papua Barat. Semoga menjadi amal ibadah untuk kita semua,” kata Brigjen Indra Heri. 

Hari berikutnya, Kamis (28/1/2021),  tim  BWA melanjutkan perjalanan silaturahim  ke Mako Koarmada III Katapop, untuk melaksanakan penyerahan simbolis Alquran wakaf. Aluqran wakaf itu diterima oleh Asisten Personel Pangkoarmada III Kolonel Laut (E) Prasetyo Triyudanto ST, MAP, mewakili Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto  MTr  (Han), di Masjid Al Barkah Mako Koarmada. 

Heru Binawan mengatakan, setelah berkoordinasi dengan TNI setempat, tim  BWA segera bergerak melakukan distribusi Alquran wakaf bersama komunitas lokal Papua Barat selama beberapa hari ke depan.

“Adapun rinciannya sebagai berikut: Kota Sorong 9.000 eksemplar, Kabupaten Sorong 10.000 eksemplar, Manokwari 2.000 eksemplar, Sorong Selatan 4.000 eksemplar, Fak-Fak 2.000 eksemplar, Tambrau 2.000 eksemplar, Raja Ampat 7.000 eksemplar, Bintuni 2.000, TNI AL 1.000 eksemplar dan TNI AD 1.000 eksemplar," paparnya.

Ia menambahkan, dalam perjalanan ini  BWA juga membawa sollarcell  sebanyak 20 unit untuk penerangan di District Damiar,  Fakfak Papua Barat. Heru berharap,  program BWA ini sangat berguna untuk cahaya lampu yg dirindukan masyarakat pedalaman di kampung Damiar Papua.

“Semoga aktivitas ini memberikan banyak keberkahan bagi para wakif dan penerima manfaat.  BWA mengajak umat Muslim dan para wakif untuk terus berjuang bersama dalam mencarikan solusi permasalahan umat melalui wakaf,” papar Heru Binawan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA