Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Kematian Nabi Sulaiman yang tak Diketahui Jin, Mengapa?

Sabtu 30 Jan 2021 05:55 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Nabi Sulaiman meninggal dunia tanpa sepengetahuan bangsa jin. Ilustrasi meninggal dunia

Nabi Sulaiman meninggal dunia tanpa sepengetahuan bangsa jin. Ilustrasi meninggal dunia

Foto: icfresno.org
Nabi Sulaiman meninggal dunia tanpa sepengetahuan bangsa jin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wafatnya Nabi Sulaiman merupakan salah satu peristiwa yang diabadikan dalam Alquran? Seperti apakah cerita wafatnya Nabi yang dikaruniai kerajaan yang agung itu? 

Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, menjelaskan, “Telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Mansur, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Mas'ud, telah menceritakan kepada kami Abu Huzaifah, telah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Tahman, dari Ata, dari As-Sa-ib ibnu Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW:

Nabi Sulaiman sering beribadah di dalam Baitul Maqdis selama satu atau dua tahun, atau sebulan atau dua bulan. Adakalanya kurang dari itu dan adakalanya lebih.  

Jika ia masuk ke dalam Baitullah untuk beribadah, maka ia membawa serta pula makanan dan minumannya. Akhirnya masuklah ia ke dalam Baitul Maqdis di suatu hari yang dia wafat. 

Sejak Nabi Sulaiman  berada  di dalam Baitul Maqdis pertama kali, setiap hari Allah SWT selalu menumbuhkan sebuah pohon di dalamnya, lalu Sulaiman mendatanginya dan menanyai namanya.  

Lalu dijawab pohon itu bahwa namanya adalah anu dan anu. Jika pohon itu untuk ditanam, maka Sulaiman menanamnya dan jika untuk obat, maka dijadikan untuk obat.  

Hingga pada akhirnya tumbuhlah sebuah pohon yang dikenal dengan nama Kharubah, lalu Sulaiman menanyainya, "Siapakah namamu?" Pohon itu menjawab, "Aku adalah Kharubah" Sulaiman bertanya, "Untuk apakah kegunaanmu?" Pohon itu menjawab, "Aku adalah tumbuh-tumbuhan yang ditumbuhkan untuk merusak masjid ini."  

Maka Sulaiman berkata,, "Allah tidak sekal-kali akan merusak masjid ini, sedangkan saya masih hidup. Jadi, engkaulah pertanda sudah dekat masa kematianku dan hancurnya Baitul Maqdis ini." Lalu Nabi Sulaiman mencabutnya dan menanamnya di salah satu kebun miliknya.  

Kemudian ia masuk ke dalam mihrab dan berdiri melakukan sholat sembari bertopang pada tongkatnya, di saat itulah ia meninggal dunia. Para jin tidak ada yang mengetahui kematiannya. Mereka mengira bahwa Sulaiman masih hidup dan mereka takut kepadanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA