Jumat 29 Jan 2021 22:26 WIB

Untaian Doa Nabi Nuh yang Disampaikan kepada Allah SWT

Nabi Nuh AS pernah menyampaikan sejumlah munajat kepada Allah SWT

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Nuh AS pernah menyampaikan sejumlah munajat kepada Allah SWT. Ilustrasi munajat doa
Foto: Republika
Nabi Nuh AS pernah menyampaikan sejumlah munajat kepada Allah SWT. Ilustrasi munajat doa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Nuh AS senantiasa berdoa memohon kepada Allah SWT untuk meminta pertolongan. Doa-doa yang dia panjatkan dapat dilihat dalam kitab suci Alquran.

Dikutip dari laman Mawdoo3 pada Jumat (29/1), berikut doa-doa yang dipanjatkan Nabi Nuh:

Baca Juga

رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada -Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, niscaya aku termasuk orang yang merugi" (QS surat Hud: 47).

Dalam tafsir Kementerian Agama RI disebutkan penjelasan dari ayat di atas yakni, setelah Allah memperingatkan Nabi Nuh untuk tidak memohonkan keselamatan dan ampunan bagi putranya yang kafir, dan Nabi Nuh pun menyadari kekeliruannya, kemudian dia berkata, “Ya tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepadamu sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya.”

Selain itu, Nabi Nuh juga memanjatkan doa lainnya seperti: 

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا "Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku dan siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman laki-laki dan perempuan. Dan jangan lah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran" (Alquran surat Nuh ayat 28).

Kemudian setelah doa untuk mereka yang durhaka, kini Nabi Nuh, berdoa untuk yang taat kepada Allah. 

“Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan janganlah Engkau tambahkan untuk mereka kecuali kebahagiaan.”  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement