Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

PM Jepang Pastikan Persiapan Olimpiade Terus Berjalan

Jumat 29 Jan 2021 21:05 WIB

Red: Agung Sasongko

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga saat memberi sambutan pada pertemuan virtual Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga saat memberi sambutan pada pertemuan virtual Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Foto: EPA-EFE/SALVATORE DI NOLFI
Jepang terus berusaha mempersiapkan Olimpiade di Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga memastikan negaranya terus berusaha mempersiapkan dan menggelar Olimpiade di Tokyo, pada musim panas tahun ini.

"Persiapan (Olimpiade, red) terus berjalan," kata Suga saat memberi sambutan pada pertemuan virtual Forum Ekonomi Dunia (WEF), seperti dilansir Reuters, Jumat (29/1). Jepang, kata PM Suga, akan berhubungan erat dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach untuk mewujudkan pesta olahraga yang aman.

Baca Juga

Sementara itu, Bach mengatakan spekulasi mengenai pembatalan Olimpiade tidak membantu menyelesaikan masalah.

Jepang saat ini menghadapi gelombang ketiga wabah COVID-19 sehingga pemerintah pun memberlakukan status darurat di beberapa daerah.

Otoritas di Jepang belum memulai program vaksinasi COVID-19 dan kemungkinan kegiatan itu baru digelar pada akhir Februari 2021. Langkah itu memancing pertanyaan apakah pemerintah mampu memvaksin sebagian besar warga Jepang saat Olimpiade berlangsung.

PM Suga mengatakan Jepang akan menambah bantuan dana untuk pengadaan vaksin di negara-negara berkembang. Jepang sebelumnya mengalokasikan dana bantuan sebesar 130 juta dolar AS (sekitar Rp1,8 triliun).

Suga juga menekankan pentingnya aliansi Amerika Serikat dan Jepang. Ia lanjut menyebut Jepang akan berusaha menjaga "hubungan yang stabil" dengan negara-negara tetangga, di antaranya Rusia dan China.

Suga menjabat sebagai perdana menteri Jepang pada September 2020 setelah pendahulunya, Shinzo Abe, mengundurkan diri karena sakit.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA