Jumat 29 Jan 2021 19:23 WIB

Arti dari Peringkat Pertama Kematian Harian Covid se-Asia

Tingkat keterisian rumah sakit yang tinggi picu angka kematian akibat Covid-19.

 Kerabat berdoa selama pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus Jakarta, Kamis (28/1). Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia dalam hal penambahan angka kematian akibat Covid-19 secara harian. Berdasarkan rekap data harian yang dilakukan 'our world in data' per 28 Januari, Indonesia bertengger di posisi puncak mengungguli India, Turki, Jepang, dan Iran.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Kerabat berdoa selama pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Bambu Apus Jakarta, Kamis (28/1). Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia dalam hal penambahan angka kematian akibat Covid-19 secara harian. Berdasarkan rekap data harian yang dilakukan 'our world in data' per 28 Januari, Indonesia bertengger di posisi puncak mengungguli India, Turki, Jepang, dan Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Sapto Andika Candra, Rr Laeny Sulistyawati

Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia dalam hal penambahan angka kematian akibat Covid-19 secara harian. Berdasarkan rekap data harian yang dilakukan 'our world in data' per 28 Januari, Indonesia bertengger di posisi puncak mengungguli India, Turki, Jepang, dan Iran. Bahkan negara tetangga seperti Singapura, Vietnam, dan Brunei berada jauh di bawah Indonesia dengan mencatatkan nol kasus kematian baru.

Baca Juga

Data yang disampaikan di atas memang belum menyajikan kondisi teranyar pada Jumat (29/1) ini. Namun melihat tren selisih angka kematian harian antara Indonesia dengan negara-negara lain di Asia yang cukup jauh, maka Indonesia masih berpotensi 'juara' dengan laporan kematian 187 orang pada hari ini.

Sebagai gambaran, terhitung sejak 1 Januari 2021 Indonesia tidak pernah sekalipun mencatatkan penambahan angka kematian di bawah 150 orang per hari. Capaian terendah adalah 171 orang pada 24 Januari lalu. Rekor tertinggi bahkan tercatat pada Kamis (28/1) kemarin dengan 476 pasien Covid-19 yang meninggal dunia.  

Sementara negara-negara lainnya di Asia mencatatkan tren angka kematian yang konsisten menurun. India dan Turki misalnya, kompak menunjukkan tren penurunan ke bawah 150 kematian per hari. Sementara Jepang, Iran, dan Filipina juga mencatatkan angka kematian di bawah 100 orang per hari sejak awal Januari lalu.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, tidak menampik kondisi yang dialami Indonesia terkait tingginya angka kematian. Menurutnya, angka kematian sangat bergantung pada kemampuan pelayanan kesehatan. Tingkat keterisian yang tinggi, ujarnya, otomatis akan berimbas pada kemampuan rumah sakit melayani pasien Covid-19. Risikonya, angka kematian pun meningkat.

"Dapat juga dipengaruhi kemampuan deteksi dini kasus positif, karena semakin dini dideteksi maka akan memperkecil peluang keparahan penyakit yang berujung pada kematian," ujar Wiku kepada Republika, Jumat (29/1).

Melihat fenomena tingginya angka kematian saat ini, Wiku mengakui bahwa fasilitas kesehatan di Indonesia kewalahan dalam menerima pasien baru Covid-19. Di saat yang sama, ia menambahkan, RS tetap harus melayani pasien non-Covid-19 yang butuh perawatan.

Data terbaru yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19, dari 77 kabupaten/kota yang melakukan pembatasan kegiatan (PPKM) sejak 11 Januari 2021, sebanyak 30 daerah belum sanggup menekan angka keterisian tempat tidur isolasi dan ICU (BOR/bed occupancy ratio). Ketujuh provinsi yang menerapkan PPKM di Jawa-Bali pun tak kunjung mampu menekan angka BOR jauh di bawah 70 persen.

"Saat ini pemerintah berupaya melakukan upaya antisipatif untuk mengatasi ini. Tidak hanya di hilir atau fasilitas kesehatan, namun juga di hulu untuk mencegah penularan penyakit," ujar Wiku.

Namun di luar kenyataan bahwa angka kematian Covid-19 di Indonesia cukup tinggi, Wiku memandang bahwa perbandingan dengan negara lain lebih baik menggunakan perhitungan angka kematian per 1 juta penduduk. Hal ini, menurutnya, lebih sepadan dilakukan mengingat tantangan setiap negara berbeda-beda seperti jumlah penduduk atau kondisi geografis.

"Jika merujuk pada data Worldometer, untuk angka kematian per 1 juta penduduk hari ini, Indonesia berada di peringkat 19 dari 49 negara terdaftar. Di dunia berada di peringkat 106 dari 221 negara," kata Wiku.

Berdasarkan data global, ada dua alasan penyebab kematian akibat Covid-19 yang paling utama di dunia. Yaitu, lanjut usia (lansia) atau memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani, memperkirakan dua faktor tersebut juga menjadi penyebab utama kematian akibat Covid-19 di Indonesia. "Kalau berdasarkan data global, penyebab kematian tertinggi orang yang terinfeksi Covid-19 ada dua, pertama adalah orang yang lanjut usia dan kedua orang yang memiliki penyakit penyerta seperti jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), hingga asma. Di Indonesia, kematian akibat Covid-19 juga akibat dua hal itu, tetapi secara data akurat saya tidak tahu," ujar Laura.

Laura mengaku belum menemukan data spesifik penyebab kematian orang terinfeksi Covid-19 di Tanah Air. Minimnya informasi ini termasuk mengenai penyakit penyerta orang yang meninggal akibat Covid-19, bisa jadi karena hipertensi, jantung, atau diabetes mellitus.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement