Jumat 29 Jan 2021 19:07 WIB

Sekjen PBB Berharap Ada Setel Ulang Hubungan AS-China

Sekjen PBB berharap AS-China bekerja sama dalam aksi iklim

Red: Nur Aini
Bendera China-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera China-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Kamis (28/1) berharap akan ada "penyetelan ulang" dalam hubungan Amerika Serikat-China, mengetahui bahwa meski keduanya memiliki "pandangan berbeda" terhadap HAM, mereka harus bekerja sama dalam aksi iklim.

Beijing mendorong pengaruh global yang lebih besar dalam sebuah tantangan bagi kepemimpinan AS. Ketegangan kedua negara mencapai titik didih di PBB tahun lalu, di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump, atas pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Saya berharap kami akan melihat pengaturan ulang dalam hubungan Amerika Serikat dan China," kata Guterres kepada awak media. "Jelas bahwa dalam urusan HAM, terdapat dua pandangan yang sangat berbeda dan jelas bahwa dalam HAM tidak ada ruang untuk kesepakatan atau misi bersama."

"Ada ruang di mana saya yakin akan tumbuh konvergensi kepentingan, dan saran saya adalah agar ruang itu dilacak oleh kedua pihak, bersama dengan seluruh komunitas internasional, dan ruang itu adalah aksi iklim," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement