Jumat 29 Jan 2021 18:27 WIB

Damkar Depok Lakukan Upaya Antisipasi Bencana Alam

Pihak Damkar juga telah mendata lokasi rawan bencana.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Peserta mendayung perahu karet saat melakukan pengamatan titik longsor di ruas Sungai Ciliwung, Depok, Jawa Barat,  Kegiatan itu sebagai pelatihan penanggulangan bencana longsor dan banjir di sekitar ruas Sungai Ciliwung.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Peserta mendayung perahu karet saat melakukan pengamatan titik longsor di ruas Sungai Ciliwung, Depok, Jawa Barat, Kegiatan itu sebagai pelatihan penanggulangan bencana longsor dan banjir di sekitar ruas Sungai Ciliwung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok akan melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor di musim penghujan. Mulai dari berkoordinasi dengan pihak terkait (stakeholder) hingga pendataan titik rawan bencana.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo Hutahuruk mengatakan, pihaknya sudah menggelar apel siaga bencana lintas instansi yang melibatkan kepolisian, TNI, relawan, dan dinas terkait. "Ini dilakukan sebagai bentuk komunikasi terpadu untuk mengetahui respons di lapangan. Kemudian kami melakukan pengecekan terhadap personil dan alat secara berkala," ujar Denny di Kantor Damkar Kota Depok, Jumat (29/1).

Baca Juga

Menurut Denny, pihaknya juga telah mendata lokasi rawan bencana. Terdapat tiga titik rawan longsor dan dua titik pembuangan sampah ilegal di sepanjang Sungai Ciliwung. "Kecamatan Tapos, Pancoran Mas dan Cipayung menjadi wilayah yang sering terjadi bencana," jelasnya.

Pihaknya, lanjut Denny, meminta masyarakat memperhatikan setiap imbauan terkait infomasi cuaca dan peringatan dini kebencanaan. Jika terjadi kondisi kedaruratan segera menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. "Sebanyak 300 personel kami siap membantu masyarakat jika terjadi bencana," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement