Jumat 29 Jan 2021 18:22 WIB

Top 5 News: Erdogan Ziarahi Sahabat Nabi, Abu Janda Bukan NU

Mutasi Lima Jabatan Bintang Tiga di TNI AD, Ini Daftarnya

 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu Janda kembali membuat rakyat Indonesia gerah. Abu Janda menyebut Islam sebagai agama arogan, dan merupakan agama pendatang dari Arab. Ia juga menyebut kata-kata rasis kepada Natalius Pigai.

Sejumlah tokoh dan ulama gerah dengan gerakan Abu Janda. Sejumlah tokoh NU menegaskan apa yang diucapkan dan dilakukan Abu Janda bukan representasi NU. Kabar Abu Janda itu pun masuk dalam daftar berita terpopuler di Republika.co.id, Kamis (28/1).

Sementara di posisi pertama ada kabar Presiden Turki, Recep Erdogan yang rutin mengunjungi Masjid Eyup Sultan. Di dekat masjid tersebut ada makam Abu Ayyub Al-Anshari, sahabat Rasulullah.

a1. Mengapa Erdogan Gemar Ziarahi Makam Sahabat Nabi di Turki?      

 

JAKARTA— Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan biasa melaksanakan sholat di Masjid Eyup Sultan (Masjid Abu Ayyub Al-Anshari) saat acara-acara besar atau setelah kemenangannya dalam pemilihan. 

 

Masjid ini memiliki simbolisme khusus dalam sejarah Turki. Bahkan, di antara beberapa orang Turki saat ini, Erdogan melakukan sholat Jumat sebelum mengumumkan penemuan ladang gas Turki di Laut Hitam.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan gemar ziarah ke makam sahabat Nabi SAW Abu Ayub Al-Anshari di Turki

Lantas, siapakah Abu Ayyub al-Anshari, dan bagaimana kisah kedatangannya di Istanbul yang kemudian dianggap sebagai simbol pemerintahan Ottoman dalam sejarahnya?

Adalah Khalid bin Zaid bin Kulaib Abu Ayyub al-Anshari, seorang sahabat dari Bani al-Najjar dari Khazraj. Setelah berimigrasi ke Yatsrib (Madinah), Abu Ayyub menjadi tuan rumah bagi Nabi Muhammad di rumahnya. Dia tinggal bersama Nabi Muhammad sampai dibangun Masjid Nabawi.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement