Jumat 29 Jan 2021 16:13 WIB

Klopp Sebut Perang Penting Thiago dalam Perubahan Taktik

Liverpool mengemas kemenangan 3-1.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Sadio Mane (tengah) dari Liverpool merayakan dengan rekan satu tim setelah mencetak gol 1-3 selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Liverpool FC di London, Inggris, 28 Januari 2021.
Foto: EPA-EFE / Shaun Botterill
Sadio Mane (tengah) dari Liverpool merayakan dengan rekan satu tim setelah mencetak gol 1-3 selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Liverpool FC di London, Inggris, 28 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 3-1. Poin penuh itu didapat the Reds di laga tandang yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, London, Jumat (29/1) dini hari WIB.

Tiga gol Liverpool diciptakan oleh Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold, dan Sadio Mane. Tentunya hal ini membuat gol dari Pierre-Emile Hojbjerg menjadi sia-sia.

"Itu bagus. Itu momen yang bagus untuk menunjukkan bahwa kami masih di sini. Sekarang kita pulang dan kembali dalam beberapa jam untuk West Ham," kata Klopp dilansir dari laman Liverpool Echo.

Kemenangan itu diakui oleh manajer Liverpool, Jurgen Klopp karena adanya perubahan pada taktiknya. Dia meminta James Milner dan Gini Wijnaldum untuk lebih maju ke tengah sehingga memungkinkan Thiago Alcantara maju lebih leluasa. 

"Kami bermain hari ini dengan posisi sedikit berbeda dan itu bekerja dengan baik dengan Gini dan Milly sebagai pemain nomor enam. Itu adalah penampilan yang pantas. Saya tahu Thiago bisa melakukan jauh lebih baik daripada malam ini, tetapi itu hanya langkah penting bagi kita semua," katanya.

Laga itu menjadi laga kelima bagi Alcantara sebagai starter. Thiago mengalami cedera sehingga dia baru bermain untuk tim.

"Jadi kami pikir malamini mungkin masuk akal untuk memainkan Thiago sedikit lebih tinggi di lapangan," kata Klopp.

Klopp akhirnya menarik Thiago dan menggantinya dengan Curtis Jones di babak kedua. Klopp mengakui itu hanya keputusan jelang akhir pertandingan.

Di sisi lain, Klopp lebih memilih untuk memuji permainan anak buahnya. Apalagi timnya sempat terkejut atas gol Son Heungmin yang akhirnya dianulir karena terkena jebakan offside.

"Kami melakukan pergerakan yang bagus, mencetak gol di momen yang sempurna (gol pertama). Itu adalah gol yang bagus di babak pertama tapi kami cukup menyadari kesulitan Joel Matip dnegan pergelangan kakinya, tidak ada kesempatan untuk bermain bagus," katanya.

"Kami memberi tahu para pemain apa yang menurut kami masuk akal untuk dilanjutkan dan kemudian mereka melakukannya. Mereka melakukan serangan yang tepat dan saya senang atas itu," kata pelatih asal Jerman ini.

Di sisi lain, Klopp juga memuji para pemain karena tidak panik melihat serangan balik yang sangat cepat dari Spurs. Dia mengakui pemain bermain dengan berani dan mengantisipasi taktik Mourinho dengan baik.

"Itu membuatnya lebih istimewa, jadi malam ini sangat bagus," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement