Jumat 29 Jan 2021 11:54 WIB

Ikon Hollywood, Cicely Tyson Meninggal Dunia

Aktris legendaris peraih Emmy dan Tony Awards, Cicely Tyson meninggal dunia

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Cicely Tyson.
Cicely Tyson.

VIVA – Aktris legendaris peraih Emmy dan Tony Awards, Cicely Tyson meninggal dunia pada Kamis, 28 Januari 2021. Ikon Hollywood yang terkenal di dunia teater, film dan televisi itu meninggal di usia 96 tahun. Kabar duka ini disampaikan oleh sang manajer.

“Saya telah mengelola karier Nona Tyson selama lebih dari 40 tahun, dan setiap tahun merupakan hak istimewa dan berkah,” kata manajernya, Larry Thompson, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Variety, Jumat, 29 Januari 2021.

"Cicely menganggap memoar barunya sebagai pohon Natal yang dihiasi dengan semua ornamen kehidupan pribadi dan profesionalnya. Hari ini dia menempatkan ornamen terakhir, Bintang, di atas pohon," tambahnya.

Klik halaman selanjutnya untuk membaca lebih banyak.

Memoarnya yang berjudul Just As I Am baru saja diterbitkan pada hari Selasa, 26 Januari 2021.

Cicely Tyson membuat debut filmnya dengan peran kecil dalam Twelve Angry Men (1957) dan debut resminya adalah lewat film Odds Against Tomorrow (1959), diikuti oleh The Comedians, The Last Angry Man, A Man Called Adam dan The Heart Is a Lonely Hunter.

Menolak untuk berpartisipasi dalam film blaxploitation yang menjadi populer di akhir tahun 1960-an, artis Hollywood itu menunggu hingga 1972 untuk kembali ke layar kaca dalam drama Sounder, yang meraih beberapa nominasi Oscar, termasuk satu untuk Tyson sebagai aktris terbaik pada 1973. Ia juga pernah meraih Piala Kehormatan Oscar pada 2018.

Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui berita selengkapnya.

Tyson juga salah satu anggota pendiri Dance Theater of Harlem pada 1969.

Ia menikah dengan Miles Davis dari tahun 1981 hingga 1988.

Tyson tetap bersemangat bahkan ketika dia mencapai usia 90 tahun. Dalam pidatonya di Grace Awards, di mana Tyson menerima piala Lifetime Achievement dari Alliance for Women in Media pada Mei 2015, aktris tersebut menceritakan kembali ditanya, "Sekarang setelah Anda berhasil, apa lagi yang akan Anda lakukan?"

Ia menjawab, "Sayangku, di hari saya merasa bahwa saya telah berhasil, saya sudah selesai."

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement