Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

10 Fakta Ateis dan Ateisme di Amerika Serikat

Jumat 29 Jan 2021 05:55 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat fakta ateis dan ateisme di Amerika Serikat, Bendera Amerika Serikat (Ilustrasi)

Terdapat fakta ateis dan ateisme di Amerika Serikat, Bendera Amerika Serikat (Ilustrasi)

Foto: VOA
Terdapat fakta ateis dan ateisme di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mengukur ateisme seseorang merupakan satu hal yang rumit. Beberapa orang yang menggambarkan diri mereka sebagai ateis juga mengatakan bahwa mereka percaya pada semacam kekuatan atau kekuatan spiritual yang lebih tinggi.  

Pada saat yang sama beberapa orang yang mengidentifikasikan diri dengan suatu agama (misalnya, mengatakan bahwa mereka Katolik atau Yahudi) mengatakan bahwa mereka tidak percaya kepada Tuhan. Pew Research Center menemukan 10 fakta terkait ateis di Amerika Serikat sebagai berikut: 

Pertama, ateis di Amerika Serikat meningkat 10 tahun terakhir. Pew Research Center melakukan survei melalui telepon pada 2018 dan 2019 dan hasilnya terdapat empat persen orang dewasa di Amerika. Angka ini meningkat dua kali lipat dibandingkan 10 tahun lalu yang hanya dua persen.

Tak hanya ateis, orang Amerika Serikat yang mengaku agnostik (suatu pandangan bahwa ada atau tidaknya Tuhan atau hal-hal supranatural adalah suatu yang tidak diketahui atau tidak dapat diketahui) meningkat. Saat ini, berjumlah lima persen dari 10 tahun lalu yang hanya tiga persen. 

Kedua, tidak percaya pada keberadaan tuhan atau dewa apa pun. Menurut Merriam-Webster, orang ateis adalah mereka yang tidak percaya pada keberadaan tuhan atau dewa apa pun. Sebanyak 81 persen ateis di Amerika Serikat meyakini hal tersebut.  

Mereka tidak percaya pada Tuhan atau kekuatan yang lebih tinggi atau kekuatan spiritual dalam bentuk apa pun. Sedangkan, 18 persen lainnya masih percaya beberapa jenis kekuatan yang lebih tinggi. Namun, tak satu pun dari ateis yang disurvei mengatakan mereka percaya pada Tuhan seperti yang dijelaskan dalam Alkitab. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA